Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kista Ovarium

...

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang berkembang pada atau di dalam ovarium (indung telur). Walaupun sebagian besar kista ovarium tidak berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya, akan tetapi pada beberapa kasus, kista dapat menyebabkan menstruasi terasa nyeri atau meningkatkan volume darah menstruasi.

Selain kadar hormonal, makanan ternyata juga dapat mempengaruhi fungsi dari ovarium dan bahkan juga dapat mempengaruhi kadar hormon yang berfungsi untuk mengatur sistem reproduksi.

Berbagai penelitian awal menunjukkan bahwa pola diet tertentu dapat meningkatkan resiko terbentuknya kista ovarium, misalnya daging merah dan keju dapat meningkatkan resiko terbentuknya beberapa jenis kista ovarium.

Sementara menurut penelitian lainnya, sayuran berdaun hijau diketahui dapat membantu mencegah terbentuknya kista ovarium. 

Bila Anda menderita penyakit ovarium polikistik (PCOS), maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat untuk membantu menurunkan berat badan. Makanlah lebih sering dengan porsi kecil untuk membantu menjaga berat badan dan memperbaiki kinerja insulin.

Akan tetapi, bila Anda menduga atau memang telah didiagnosa menderita kista ovarium, maka pengobatan secepatnya merupakan cara yang terbaik. Mengkonsumsi makanan sehat memang baik bagi kesehatan Anda, akan tetapi bukan berarti berbagai makanan tersebut dapat mengobati kista ovarium yang Anda derita.

 

Sumber: www.dokter.id

tags :