Mayapada Hospital Siap Jadi Pusat Riset Kesehatan Bertaraf Internasional Bersama Syneos Health

...

Salah satu jaringan rumah sakit Mayapada Healthcare Group, Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS), resmi menjalin kerja sama dengan Syneos Health, penyedia solusi biofarmasi terintegrasi yang terdepan dalam Clinical Research Organization (CRO) asal Amerika Serikat.

Kerja sama ini untuk penyelenggaraan penelitian klinik, inovasi, dan menjadikan Mayapada Hospital Jakarta Selatan sebagai lokasi uji klinik berstandar internasional. 

Kerja sama ditandai dengan seremoni penandatanganan nota kesepahaman antara Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr. Fiktorius Kuludong, MM dan President of Clinical Sites & Patients Syneos Health Dr. Terttu Haring, yang berlangsung pada Selasa, 19 Maret 2024 di Ang Boen Ing, MHJS. 

dr. Dini Handayani, MARS, FISQUA, FIPC, Chief Medical Officer Mayapada Healthcare Group mengatakan, dalam menghadapi berbagai tantangan global dan kasus penyakit kompleks di dunia kesehatan, kami menyadari bahwa penelitian klinik memiliki peran strategis untuk memperkuat resiliensi dan pengembangan sistem teknologi kesehatan di Indonesia. 

Dengan diresmikannya kerja sama antara Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan Syneos Health menjadi salah satu misi Mayapada Healthcare Group untuk dapat meningkatkan kualitas perawatan berbasis bukti (Evidence Based Medicine), dengan meningkatkan produktivitas penelitian klinik bersama mitra-mitra strategis serta mendorong keterlibatan dokter-dokter kami dalam uji klinik. 

Menurut dr. Dini, penelitian klinik ini akan mendukung kami dalam mewujudkan komitmen Mayapada Healthcare Group dalam memberikan layanan yang selalu memusatkan dan melibatkan pasien di setiap langkah perawatan (patient centric). 

“Kami berharap kerja sama ini dapat memposisikan Mayapada Hospital sebagai rumah sakit riset bertaraf internasional, selalu aktif dalam mengedukasi masyarakat terhadap kesehatan, dan pengembangan pengobatan terhadap penyakit tertentu, sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia,” ujar dr. Dini Handayani.

Masuknya Mayapada Hospital ke ranah riset klinik bersama Syneos Health merupakan inisiatif strategis dari Clinical Research Unit (CRU) yang secara khusus dibentuk Mayapada Healthcare Group untuk terus meningkatkan mutu dan layanan bertaraf internasional. 

Hal ini juga selaras dengan agenda pemerintah dalam menyelenggarakan penelitian klinik di rumah sakit. Syneos Health merupakan salah satu dari 10 top CRO dunia dengan lebih dari 110 lokasi atau situs penelitian klinik (catalyst site), di mana Mayapada Hospital Jakarta Selatan dipercaya sebagai catalyst site pertama Syneos Health di Indonesia. 

Syneos Health menggunakan teknologi canggih dan terkini dalam melakukan penelitian dan pengembangan kesehatan, serta memastikan keamanan dan efektivitas produk untuk pasien. 

Dr. Terttu Haring, President of Clinical Sites & Patients Syneos Health memaparkan, jumlah uji klinik (clinical trials) di Indonesia masih menempati peringkat ke-5 di ASEAN. Namun, sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia dan dengan tingginya jumlah dokter hebat di Indonesia, kami melihat Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk lokasi penelitian klinik. 

“Kami mempercayakan Mayapada Hospital Jakarta Selatan sebagai catalyst site (situs penelitian klinik) pertama kami di Indonesia karena Mayapada Hospital Jakarta Selatan memiliki kesiapan untuk bersinergi melakukan clinical trials bersama kami,” ujar Dr. Terttu. 

Dr. Tettu menambahkan, Mayapada Hospital Jakarta Selatan telah menerapkan mutu dan layanan sesuai dengan standar dan protokol internasional yang ketat. Semoga kerja sama ini membawa manfaat besar untuk kedua belah pihak dan untuk percepatan perkembangan industri layanan kesehatan di Indonesia. 

Sebagai tenaga kesehatan profesional, kami tidak pernah puas. Selalu ada pasien yang ingin kami bantu, selalu ada penyakit yang ingin kami obati, selalu ada lebih banyak hal yang ingin kami ketahui untuk mengambil keputusan terbaik bagi pasien dan keluarga.

Lebih lanjut Dr. Tettu mengatakan, inilah sebabnya kami bekerja sama dengan banyak orang di seluruh dunia dalam pengembangan pengobatan baru. Bersama Mayapada Hospital, kita dapat membuka uji klinik untuk pasien di Indonesia – menawarkan pilihan pengobatan yang saat ini tidak tersedia, sambil mengumpulkan data untuk pasien kedepannya. 

“Semoga ini menjadi kolaborasi pertama yang sukses dari banyak kolaborasi antara Mayapada Hospital dan Syneos Health!” kata Dr. Tettu.

Bersama Syneos Health, Mayapada Hospital Jakarta Selatan berperan penting bagi peningkatan produktivitas dan kualitas riset klinik di Indonesia, dengan melibatkan berbagai pihak baik peneliti, dokter dan tenaga kesehatan, akademisi, manajemen rumah sakit, dan pelaku industri produk kesehatan kelas dunia yang mencakup obat, vaksin, dan alat kesehatan. 

Dalam momen seremoni, Research Physician yang juga merupakan Ketua Tumor Board Oncology Center Mayapada Healthcare Group, Prof. Dr. Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD KHOM, M.Epid, MPdKed, FACP, FINASIM menyambut positif terhadap kemitraan strategis bersama Syneos Health. 

Secara khusus ia menyampaikan, penelitian klinik adalah upaya dunia kedokteran dalam menentukan khasiat obat secara sistematis dan terukur. 

“Saya yakin penelitian klinik ini pasti bermanfaat bagi pasien dan masyarakat luas,” ujar Prof. Dr. Dr. dr. Ikhwan Rinaldi. “Melalui penelitian klinik, para dokter terinspirasi berinovasi dalam memperluas pilihan perawatan, meningkatkan angka kesembuhan, dan kualitas hidup pasien dan keluarga yang terdampak.” 

Selain itu, dr. Fiktorius Kuludong, MM selaku Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan turut mengungkapkan harapannya terhadap sinergi Mayapada Hospital Jakarta Selatan dengan Syneos Health. 

“Kami berharap sinergi ini mampu mendorong aktualisasi dokter-dokter yang dimiliki Mayapada Hospital Jakarta Selatan untuk menjadi principal investigator dalam penelitian uji klinik berstandar internasional,” kata dr. Fiktorius.  

Beliau menambahkan, sejalan dengan akreditasi internasional JCI yang melekat di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, memotivasi kami untuk terus melakukan improvement dalam memberikan perawatan yang tepat kepada setiap pasien kami, seperti kelengkapan fasilitas dan infrastruktur klinis, serta pengembangan kompetensi tim dokter multidisiplin agar pasien mendapatkan pengalaman berobat yang aman, nyaman, dan memuaskan.

Informasi lebih lanjut, hubungi Call Center 150770.

tags :

Corporate Event Mayapada Healthcare