Mengapa Anak-anak Sebaiknya Minum Susu Setiap Hari?

...

Sering membaca artikel yang mengatakan bahwa susu tidak baik bagi kesehatan? Bila ya, sebaiknya Anda berhati-hati dan tidak terburu-buru mempercayai artikel tersebut. Hal ini dikarenakan susu dan berbagai produknya merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.

Selain itu, susu juga mengandung vitamin D, yang juga diperlukan oleh anak Anda. Kecuali bila disarankan oleh dokter Anda, jangan mengeliminasi makanan apapun dari menu makanan anak Anda. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa alasan mengapa seorang anak sebaiknya mengkonsumsi segelas susu setiap harinya.

 

Penting Bagi Perkembangan Saraf dan Otaknya

Tidak peduli berapa usia anak Anda sekarang ini, mengkonsumsi segelas susu setiap hari merupakan hal yang penting bagi perkembangan saraf dan otaknya. Yang perlu Anda perhatikan adalah jenis susu apa yang anak Anda perlukan, apakah susu rendah lemak atau justru susu full cream. Berkonsultasilah dengan dokter anak Anda mengenai jenis dan berapa banyak susu yang boleh dikonsumsi oleh anak Anda.

 

Membantu Menguatkan Tulang

Ada 3 hal penting yang turut berperan dalam menentukan kekuatan tulang anak Anda, yaitu aktivitas fisik, genetika, dan kalsium. Karena susu mengandung kalsium, maka mengkonsumsi segelas susu setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan tulang dan menurunkan resiko terjadinya patah tulang saat anak Anda mengalami suatu cedera.

Selain itu, susu juga mengandung banyak vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium, sehingga membantu mencegah terjadinya radang dan patah tulang.

 

Baik Bagi Kesehatan Gigi Anak Anda

Membiasakan anak Anda mengkonsumsi segelas susu setiap harinya dapat membuat giginya menjadi lebih sehat dan kuat. Karena mengandung banyak nutrisi, susu dapat membantu melindungi email gigi dari berbagai zat asam dan menurunkan resiko terjadinya gangguan gusi dan pembusukkan gigi.

Selain itu, anak-anak yang dibiasakan meminum segelas susu setiap harinya juga lebih jarang mengkonsumsi minuman manis, yang berbahaya bagi kesehatan gigi anak Anda. Akan tetapi, pastikan anak Anda tidak mengkonsumsi susu secara berlebihan karena hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.

 

Membantu Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Karena anak-anak lebih aktif daripada orang dewasa, maka lebih sulit bagi tubuhnya untuk tidak mengalami dehidrasi. Jadi, karena susu juga mengandung banyak air, maka konsumsi susu dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Jangan biarkan anak Anda mengkonsumsi terlalu banyak susu karena dapat membuatnya enggan makan.

 

Membantu Meningkatkan Energi

Walaupun terdengar aneh, akan tetapi beberapa orang anak sesekali memang membutuhkan tambahan energi. Selain dari beberapa nutrisi penting di atas, susu juga mengandung fosfor, protein, vitamin A, dan vitamin B.

Susu juga membantu penyerapan vitamin di dalam tubuh anak dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kadar energinya.

 

 

Sumber: www.dokter.id

tags :