Meningitis Pada Anak Berdampak Buruk

...

Meningitis adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan infeksi atau radang pada meninges (selaput pelindung). Selaput ini melindungi otak dan saraf tulang belakang. Meningitis biasanya disebabkan oleh bakteri, virus juga mikroorganisme lain. Gejala umum dari meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia). Anak-anak biasanya hanya menunjukkan gejala nonspesifik, seperti lekas marah dan mengantuk.

Meningitis pada anak yang disebabkan oleh virus biasanya tidak akan menimbulkan komplikasi yang seberbahaya meningitis bakteri. Gejala meningitis virus bisa membaik dan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10 hari hingga dua minggu. Anak-anak bahkan dapat diobati dengan cara rawat jalan di rumah.

Sedangkan meningitis pada anak yang disebabkan oleh bakteri bisa menimbulkan komplikasi serius atau parah dan jangka panjang dan dengan cepat berkembang dalam hitungan jam, apabila terlambat, bisa mengakibatkan kematian meskipun sudah menggunakan perawatan medis paling mutakhir.

tags :