Mitral Valve Replacement: Penanganan Advance untuk Kasus Katup Jantung di Cardiovascular Center Mayapada Hospital

...

Masalah katup jantung menjadi salah satu masalah kompleks yang memerlukan penanganan medis yang advanced. Jika tidak ditangani dengan tepat, gangguan pada katup jantung berpotensi menyebabkan gagal jantung dan komplikasi serius lainnya.

Namun, Anda dapat mempercayai layanan Cardiovascular Center Mayapada Hospital yang dapat memberikan penanganan kasus jantung dengan teknik advanced terkini, salah satunya dalam penggantian katup jantung baik mitral dan aorta (Mitral/Aorta Valve Replacement) atau MVR.

Tim dokter Cardiovascular Center Mayapada Hospital telah berpengalaman dalam melakukan MVR, seperti salah satunya Dr. dr. Ismail Dilawar, SpBTKV Subsp. JD (K), Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular Subspesialis Jantung Dewasa Konsultan yang berpraktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

“Tindakan ini digunakan untuk menangani gangguan pada katup jantung yang menyempit atau rusak sehingga mempengaruhi aliran darah di jantung. Operasi penggantian katup jantung untuk mengganti katup yang rusak dapat dilakukan dengan donor katup atau katup buatan,” jelas dr. Ismail.

Lebih lanjut, dr. Ismail memaparkan bahwa MVR dapat memberi manfaat penting pada pasien dengan gangguan katup jantung. Pertama, prosedur ini mampu menghilangkan gejala-gejala yang tidak nyaman dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Kedua, penggantian katup mitral dapat mencegah atau mengurangi komplikasi serius seperti infeksi katup jantung, gagal jantung, dan kerusakan organ lain yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar.

Contoh keberhasilan tindakan MVR terjadi di Surabaya, pada salah satu pasien laki-laki berusia 42 tahun, dengan keluhan merasakan kelelahan tanpa melakukan aktivitas berat, sesak napas, dan napas terasa berat.

Setelah berkonsultasi dan dilakukan pengecekan lebih lanjut, diketahui bahwa keluhan tersebut disebabkan oleh adanya kebocoran katup, dan perlu menjalani operasi MVR yang ditangani oleh Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular di Mayapada Hospital Surabaya, Dr. dr. Yan Sembiring, Sp.B, Sp.BTKV, Subsp. VE (K).

“Secara teknis, pada prosedur MVR, fungsi alami jantung pada pasien dihentikan sementara dan diambil alih oleh mesin pintas jantung dan paru (Cardio-Pulmonary Bypass). Kemudian katup mitral pada jantung yang rusak diangkat dan digantikan dengan katup buatan dari logam. Melihat dari kondisi medis dan usia pasien masih tergolong muda, kami memutuskan untuk memasang katup buatan dari logam yang dapat bertahan 20 sampai 30 tahun ke depan. Setelah tindakan berhasil dilakukan, pasien mengalami perbaikan signifikan dan pasien dapat beraktivitas kembali tanpa keluhan,” jelas Dr. dr. Yan Sembiring.

Dokter Arinto Bono Adji, Sp.BTKV, Subsp. JD(K), Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular Subspesialis Jantung Dewasa Konsultan dari Mayapada Hospital Tangerang juga meyakinkan bahwa kemajuan teknologi medis saat ini memungkinkan prosedur minimal invasif atau minim sayatan bisa menjadi pilihan untuk operasi katup jantung.

“Operasi penggantian katup dengan minimal invasif ini tentunya memiliki kelebihan untuk pasien. Selain lama perawatan yang lebih singkat, risiko komplikasi yang lebih kecil, dan rasa nyeri yang minimal akan lebih nyaman untuk pasien.” ungkap dr. Arinto Bono.

Operasi penggantian katup baik secara konvensional maupun minimal invasif dapat dilakukan di Cardiovascular Center Mayapada Hospital. Dengan menerapkan standar international, Cardiovascular Center yang merupakan salah satu layanan unggulan seluruh unit Mayapada Hospital telah berpengalaman dalam menangani berbagai kasus jantung secara komprehensif.

Didukung oleh tim multidisiplin dan kelengkapan fasilitas yang dimiliki, Cardiovascular Center Mayapada Hospital telah berpengalaman menangani berbagai kasus jantung advanced dengan pendekatan minimal invasif untuk CABG, perbaikan dan penggantian katup jantung, serta penanganan gangguan pembuluh darah aorta.

Jika Anda atau keluarga mengalami masalah jantung, Anda dapat segera melakukan pemeriksaan yang komprehensif di Cardiovascular Center Mayapada Hospital melalui aplikasi MyCare milik Mayapada Hospital.

Melalui MyCare, Anda dapat mengakses berbagai informasi dan promo layanan kesehatan di Mayapada Hospital, menghubungi layanan kegawatdaruratan jantung melalui fitur emergency call, membuat jadwal pemeriksaan Medical Check Up, membuat jadwal konsultasi bersama dokter spesialis jantung dengan akses cepat tanpa harus menunggu di rumah sakit, serta telekonsultasi. Proses pendaftaran dipermudah dengan berbagai metode pembayaran multi channel yang terintegrasi di MyCare.

Anda juga dapat memantau gaya hidup sehat secara rutin di aplikasi Mycare, seperti mengetahui jumlah langkah, kalori terbakar, detak jantung dan body mass index, dan lain-lain. Aplikasi MyCare juga menyajikan informasi kesehatan, informasi layanan dan promo di Mayapada Hospital.

Aplikasi MyCare dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store, dan bagi Anda yang baru pertama kali registrasi aplikasi MyCare, akan mendapatkan reward berupa poin untuk diskon potongan harga di berbagai jenis pemeriksaan di seluruh unit Mayapada Hospital.

tags :

Cardiovascular Center Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah