Nyamuk Ganas Model Baru, Berbahaya!

...

Awas, waspada nyamuk ganas model baru, sekali gigit langsung bisa menyerang saraf otak.

Saat ini sudah muncul nyamuk model baru yang sangat ganas. Daya serang yang lebih ganas dari nyamuk mematikan seperti Aedes Aegypti. Nama nyamuk model baru itu adalah Culex Tritaeniorhynchus.

Dampak dari gigitan nyamuk Culex Tritaeniorhynchus ini mengakibatkan demam berdarah yang di dunia kesehatan disebut Japanese Encephalitis (JE). Seperti yang diungkapkan oleh WHO, Japanese Encephalitis mencapai sekitar 68.000 kasus klinis setiap tahun. Sekitar 24 negara di wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat memiliki risiko tinggi Japanese Encephalitis.

Hingga saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang dilakukan masih difokuskan pada penganan infeksi dan gejala klinis yang parah. Untungnya, masih ada vaksin yang aman dan efektif yang tersedia untuk mencegah Japanese Encephalitis yang bernama Vaksin Imojev dan vaksin ini sudah tersedia di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Ada ciri khas dari nyamuk jenis Culex ini. Yakni nyamuk hanya keluar dari sarang ketika malam hari saja, kebiasaan nyamuk Culex ini berbeda dengan nyamuk Aedes Aegypti yang beraksi justru disiang hari.

Yang perlu diketahui virus yang ditebar oleh nyamuk Culex ini lebih membahayakan bagi kondisi fisik penderitanya, jika fisik sedang dalam kondisi tidak baik, dampak terburuk selain kelumpuhan juga dapat menyebabkan kematian.

tags :