Tes Sederhana Untuk Mengetahui Bakso Mengandung Borax

...

Untuk Anda pencinta bakso, akhir-akhir ini ada satu hal yang sedang ramai diperbincangkan dan membuat Anda tidak tenang untuk mengkonsumsi bakso, karena adanya isu daging yang mengandung borax dan dapat merugikan tubuh.

Bahan yang membuat bakso menjadi kenyal tidak alami ini atau Borak, menurut WHO sangat berpotensial menyebabkan kanker bagi manusia.

Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, Maya Friends, karena ada 2 anak muda yang bernama Luthfia Adila (17) dan Dayu Laras Wening (17) siswi dari Sekolah Menengah Atas di Semarang memperoleh medali emas International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, karena mereka menemukan alat pendeteksi Borax dengan tusuk gigi.

Untuk melakukan tes sederhana mengetahui apakah bakso mengandung borax atau tidak dengan menyiapkan 1 tusuk gigi dan 1 ruas kunyit, dengan cara tusukkan 1/3 bagian selama 10-15 detik kekunyit, lalu tusukkan ke bakso. Jika warna bagian tusuk gigi tersebut berubah menjadi berwarna merah (Prinsip Asam - Basa / Lakmus) itu tandanya bakso mengandung Boraks.

So, Maya Friends, jangan lupa untuk selalu membawa tusuk gigi dan kunyit ya, sebelum makan bakso :)

tags :