TEVAR Jadi Solusi Penyakit Pembuluh Darah Aneurisma Aorta, Ini Penjelasannya!

...

Pagi ini mungkin Anda dapat beraktivitas seperti berolahraga, berjalan menuju tempat kerja, melakukan pekerjaan di kantor, namun tiba-tiba Anda merasakan nyeri hebat pada daerah perut atau dada hingga sesak napas. Secepat itulah aneurisma aorta yang pecah dapat menyerang Anda. Ini saatnya Anda menaruh perhatian pada jenis penyakit pembuluh darah yang satu ini!

Jadi apa itu aneurisma aorta? Ini adalah salah satu jenis penyakit pembuluh darah di mana terjadi penggelembungan atau pembesaran pada pembuluh darah utama (aorta) yang terletak di perut (abdomen) atau dada (thoracic). Pembesaran aorta bisa menjadi sangat berbahaya karena berisiko pecah sewaktu-waktu, sehingga terjadi pendarahan dan menghalangi aliran darah dari jantung ke organ lain.

Kondisi ini juga dapat mengancam keselamatan jiwa karena dapat terjadi tanpa gejala atau gejala baru muncul ketika pembengkakan pembuluh darah sudah terjadi bahkan sampai pecah, sehingga terlambat untuk diselamatkan.

Gejala-gejala yang biasa terjadi dan dialami, dapat berupa nyeri pada daerah perut atau dada, back pain, terasa denyut nadi di sekitar pusar, batuk, suara lemah dan serak, hingga sesak napas.

Untuk menangani aneurisma aorta, terdapat prosedur medis dengan teknik bedah minimal invasif (minim sayatan) yakni TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair) dan EVAR (Endovascular Aneurysm Repair). Kedua tindakan advanced ini membutuhkan skill dan pengalaman ahli bedah jantung yang dapat dilakukan di layanan unggulan Cardiovascular Center Mayapada Hospital.

TEVAR merupakan prosedur yang dikerjakan jika aneurisma terdapat pada area dada, sedangkan EVAR diperuntukan untuk kasus aneurisma yang terdapat di daerah perut. 

Teknik ini dikerjakan dengan sayatan kecil, kemudian dokter akan menempatkan satu alat yang disebut stent graft atau cangkok stent, yang berfungsi untuk menguatkan aorta dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang membentuk kantung aneurisma. Stent graft sendiri dirancang untuk dapat mendukung struktur fungsi aorta dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam hal ini, Dr. dr. Ismail Dilawar, Sp.BTKV, Subsp.JD (K), MARS, Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak, dan Vaskular Subspesialis Bedah Jantung Dewasa Konsultan yang berpraktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan menjelaskan, “Tujuan TEVAR adalah untuk mengembalikan fungsi aorta agar dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh sehingga sistem tubuh dapat kembali bekerja dengan normal."

"Seiring dengan kemajuan teknologi medis, TEVAR direkomendasikan sebagai pilihan utama dalam menangani masalah pada aorta karena punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan pembedahan konvensional atau terbuka. Dengan TEVAR, risiko kematian, luka, infeksi, dan rasa nyeri pasca-tindakan pada pasien lebih kecil sehingga pasien dapat pulih dengan cepat dan dapat segera kembali beraktivitas,” paparnya.

Sebagai dokter ahli yang berpengalaman melakukan TEVAR serta operasi jantung lainnya pada pasien-pasiennya, Dokter Ismail juga menceritakan bagaimana proses dilakukannya TEVAR. Prosedur tindakan dimulai dengan memasukkan kateter ke pembuluh darah arteri pasien, biasanya di pangkal paha, sebagai akses untuk mencapai aorta. Selanjutnya, stent graft atau cangkok stent akan dipasang di ujung kateter dan dokter akan menempatkannya di area aorta yang bermasalah, menggunakan bantuan sinar-x (fluoroskopi).

Dokter Ismail merupakan dokter ahli bedah jantung sub spesialis yang juga menjadi bagian dari layanan komprehensif dan terpadu untuk penanganan jantung di Cardiovascular Center Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Rumah sakit yang berada dalam naungan Mayapada Healthcare ini sudah terakreditasi internasional JCI (Joint Commission International), di mana akreditasi ini menjadi bukti bahwa kualitas layanan yang diberikan telah teruji sesuai dengan standar internasional yang ketat untuk sektor pelayanan kesehatan.

Sama seperti Cardiovascular Center di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, standar pelayanan berkualitas internasional juga diterapkan Cardiovascular Center di seluruh unit Mayapada Hospital. Layanan Cardiovascular Center Mayapada Hospital memiliki clinical guidelines penanganan kasus-kasus jantung kompleks, tim dokter multidisiplin, kelengkapan fasilitas, dan berfokus pada pelayanan patient centric, yang selalu melibatkan pasien untuk berkomunikasi dengan tim dokter serta nurse di setiap langkah perawatan demi menunjang kesembuhannya.

Berbagai informasi lengkap terkait penanganan masalah jantung di Cardiovascular Center Mayapada Hospital tersedia di aplikasi MyCare milik Mayapada Hospital. Aplikasi MyCare juga mempermudah proses Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung yang komprehensif bersama dokter spesialis jantung yang ada di Cardiovascular Center Mayapada Hospital.

Dengan menggunakan aplikasi MyCare yang sudah terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran, Anda dapat membuat booking appointment untuk pemeriksaan bersama dokter dengan lebih cepat tanpa harus menunggu di rumah sakit. Selain itu, Anda juga dapat mengakses berbagai informasi dan promo layanan kesehatan di Mayapada Hospital, menghubungi layanan kegawatdaruratan jantung melalui fitur emergency call, membuat jadwal pemeriksaan Medical Check Up, serta telekonsultasi via MyCare.

Aplikasi MyCare juga mendukung gaya hidup sehat yang terhubung dengan Health Access dan Google Fit di mana berfungsi memantau aktivitas dan kebugaran Anda seperti menghitung jumlah langkah, kalori terbakar, detak jantung dan body mass index, dan lain-lain.

MyCare dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store, dan bagi Anda yang baru pertama kali registrasi aplikasi MyCare, akan mendapatkan reward berupa poin untuk diskon potongan harga di berbagai jenis pemeriksaan di seluruh unit Mayapada Hospital.

tags :

Cardiovascular Center Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah