Tips Mengatasi Nyeri Payudara

...

Nyeri payudara merupakan hal yang normal dan sering terjadi pada saat seorang wanita baru memasuki masa pubertas, sedang menstruasi, hamil, atau setelah memasuki masa menopause. Nyeri ini biasanya ringan dan hanya berlangsung sementara serta akan membaik dengan sendirinya. Akan tetapi, bila Anda mengalami rasa nyeri yang cukup hebat atau sangat mengganggu, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

 

Tunggu dan Lihat Perkembangannya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menunggu dan melihat apakah keluhan Anda akan membaik dengan sendirinya atau tidak. Hal ini dikarenakan pembengkakan dan nyeri pada payudara merupakan hal yang normal, terutama menjelang menstruasi dan saat hamil.

 

Periksakan Diri ke Dokter

Jika Anda merasa keluhan Anda berbeda daripada biasanya atau disertai oleh gejala lain seperti demam dan keluarnya cairan abnormal dari puting susu, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter.

 

Kompres Hangat atau Dingin

Untuk membantu mengurangi pembengkakan atau peradangan pada payudara Anda, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah, misalnya dengan mengurangi makanan asin dan berlemak atau melakukan kompres dingin atau hangat pada payudara Anda.

 

Konsumsi Obat Anti Nyeri

Mengkonsumsi obat anti nyeri dapat meredakan gejala untuk sementara waktu. Akan tetapi, pastikan Anda tidak terus mengkonsumsi obat anti nyeri setiap kali Anda merasa nyeri. Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila Anda harus mengkonsumsi banyak obat anti nyeri.

 

Lakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri

Periksalah payudara Anda secara teratur. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui seperti apa rasanya payudara Anda dalam keadaan normal, yang berarti Anda dapat segera menemukan adanya kelainan seperti adanya benjolan atau perubahan bentuk tahi lalat di daerah payudara. 

Sumber: www.dokter.id

tags :