Tips Olahraga Ala Atlet yang Ternyata Salah!

...

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mandi air dingin setelah berolahraga ternyata dapat membuat otot menjadi lebih lemah lho!

Berendam air dingin setelah berolahraga, suatu teknik yang digunakan oleh seorang petenis professional, memang telah banyak digunakan oleh para atlet karena dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri otot.

Akan tetapi, penelitian baru ini justru menemukan bahwa para pria yang berendam selama 10 menit di dalam air bersuhu 10 derajat Celcius akan memiliki otot yang lebih lemah dan memiliki massa otot yang lebih sedikit (lebih kecil) dibandingkan dengan peserta lain yang melakukan pendinginan dengan bermain sepeda.

Pada penelitian lanjutan, para peneliti menganalisa contoh jaringan otot kaki dari pria yang melakukan suatu olahraga yang berfokus pada otot kaki. Para peneliti kemudian menemukan bahwa pada orang yang berendam air dingin setelah berolahraga, sel yang berfungsi untuk membuat otot menjadi lebih kuat dan besar "berhenti" bekerja selama 2 hari.

Melalui penelitian ini, para peneliti telah membuktikan dampak negatif dari berendam air dingin setelah melakukan suatu olahraga. Akan tetapi, bila olahraga yang Anda lakukan tidak berfokus pada kekuatan dan pembesaran otot, misalnya lebih fokus pada ketahanan dan stamina, seperti berlari atau bersepeda, maka teknik berendam di air dingin ini tidak memiliki efek negatif seperti yang disebutkan di atas. 

Sumber: www.dokter.id

tags :