Tips Untuk Mengatasi Gusi Sakit, Bengkak dan Berdarah

...

Bingung mengapa gusi Anda terus saja berdarah? Bila ya, maka Anda mungkin akan membutuhkan beberapa tips di bawah ini untuk membantu mengatasinya.

 

Gosok Gigi 2 Kali Setiap Hari

Untuk mencegah gusi Anda kembali berdarah, pastikan Anda menggosok gigi secara teratur setidaknya 2 kali sehari dengan cara yang benar. Jika Anda ragu mengenai bagaimana caranya menggosok gigi yang baik dan benar, Anda dapat bertanya pada dokter gigi Anda.

 

Floss Setiap Hari

Walaupun agak merepotkan, akan tetapi floss setiap hari merupakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan gusi.

 

Gunakan Obat Kumur

Obat kumur antiseptik yang banyak tersedia di pasaran dapat membunuh berbagai jenis bakteri yang merupakan penyebab terjadinya gangguan gusi. Berkumurlah setiap hari.

 

Konsumsi Diet Sehat dan Seimbang

Mengkonsumsi diet sehat dan seimbang yang mengandung banyak vitamin C dan kalsium dapat membantu meminimalisir terjadinya gangguan gusi.

 

Minum Banyak Air Putih

Mengkonsumsi air putih, terutama setelah Anda makan dapat membantu membersihkan sisa makanan dari gigi dan menurunkan resiko terbentuknya plak pada gigi.

 

 

Jangan Merokok

Jika Anda merupakan seorang perokok, cobalah untuk berhenti untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

 

Hati-hati Saat Mengkonsumsi Makanan yang Sangat Panas atau Sangat Dingin

Bila Anda memiliki gangguan gusi, maka berhati-hatilah saat mengkonsumsi makanan dan minuman yang sangat panas atau sangat dingin. Pilihlah makanan dan minuman yang hangat atau tidak dingin.

 

Hindari Stress

Merasa stress dapat meningkatkan kadar hormon stress, kortisol, yang akan meningkatkan proses peradangan di dalam tubuh Anda, termasuk peradangan gusi.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :