Atasi Masalah Paru dengan Teknik Canggih Bronkoskopi Cryo

...

Masalah pernapasan pada paru adalah masalah yang krusial dan harus ditangani dengan tepat. Seiring dengan perkembangan dunia medis, pengobatan pasien paru dapat dilakukan dengan teknik terbaru yaitu Bronkoskopi Cryotherapy. 

Ini merupakan inovasi pada bidang intervensi pulmonologi untuk diagnosis, terapi atau untuk mengelola kondisi yang mempengaruhi sistem pernapasan, khususnya paru-paru.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Pulmonologi Medik Kritis Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS), dr. Eric Daniel Tenda, DIC, Ph.D, Sp.PD, K-PMK, FINASIM, intervensi pulmonologi biasanya berfokus pada prosedur minimal invasif atau tanpa operasi terbuka, untuk mendiagnosis dan merawat kondisi paru-paru.

Lantas apa itu Bronkoskopi Cryo?

Bronkoskopi Cryotherapy adalah teknik pengobatan penyakit paru yang melibatkan teknologi cryo, didukung oleh unit electrosurgical canggih VIO3, dan terapi koagulasi plasma argon (APC).

“Teknik cryo ini pada prinsipnya membekukan jaringan yang akan diambil di saluran pernapasan dengan gas CO2 sehingga jaringan tersebut dapat menempel pada ujung alat cryo." jelas dr. Eric.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Sedangkan teknik Argon Plasma Coagulation (APC) menggunakan gas argon untuk menghantarkan energi berfrekuensi tinggi. Teknik APC bermanfaat untuk menghentikan perdarahan saluran napas dan untuk debulking tumor, yaitu prosedur pengurangan ukuran tumor, terutama yang terletak di saluran napas besar.”

Selain itu, dr. Eric yang mendalami bidang intervensi pulmonologi di Imperial College London ini, mengatakan bahwa bronkoskopi cryotherapy menunjang para dokter untuk menangani pasien lebih maksimal.

Sebagai penunjang tindakan Bronkoskopi Cryotherapy, VIO3 dan APC memiliki keunggulan untuk memudahkan dokter dalam mengoperasikan alat dan meminimalisir kerusakan jaringan serta perdarahan pada pasien sehingga akan mengurangi rasa nyeri pasca operasi yang dialami pasien.

Mayapada Hospital merupakan rumah sakit swasta pertama yang memiliki alat ERBE Electrosurgical VIO3.

Salah satu unit Mayapada Hospital yang dapat melakukan teknik Bronkoskopi Cryotherapy ini adalah Mayapada Hospital Jakarta Selatan. 

Secara khusus teknologi ini dihadirkan pada layanan “Advanced Interventional Pulmonology” yang didedikasikan untuk mengadopsi dan memanfaatkan perkembangan teknologi di bidang intervensi pulmonologi.  

Apa fungsi utama Bronkoskopi Cryotherapy pada pasien?

Bronkoskopi Cryotherapy terbagi menjadi beberapa jenis menurut fungsinya, di mana teknik ini dilakukan berdasarkan kondisi dan penyebab masalah pada paru. 

Jenis yang pertama adalah, Cryo Biopsi. Tindakan ini dilakukan jika dokter mencurigai adanya tumor atau kelainan pada paru untuk mengambil sejumlah kecil jaringan yang nantinya diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Keunggulan biopsi bronkoskopi dengan teknik cryo adalah sampel jaringan yang didapat bisa lebih besar dan utuh sehingga pemeriksaan sampel menjadi lebih akurat.

Kedua, Cryo-Rekanalisasi yang dilakukan untuk membuka jalan napas yang tersumbat, contohnya karena benda asing, massa tumor, atau gumpalan darah. Dokter akan melakukan pengambilan benda tersebut dengan teknik cryo sehingga jalan napas menjadi lega kembali.

Ketiga, Cryo-Devitalisasi, yang dilakukan untuk membekukan dan merusak jaringan, contohnya pada sel-sel kanker yang terlalu besar untuk menyumbat saluran napas. Dengan tindakan ini, sel kanker menjadi rusak, tumor mengecil, dan saluran napas lebih terbuka. Devitalisasi ini juga dapat dilakukan pada kasus penyempitan pipa pernapasan karena tuberkulosis atau TBC.

Tindakan Bronkoskopi Cryotherapy ini dapat dikerjakan di ruang operasi maupun di ruang rawat intensif, tentunya dengan kolaborasi dan kerja sama yang baik antara dokter operator, dokter anestesi, serta tim medis yang baik dan sudah berpengalaman. 

Dikatakan oleh dr. Shinta Hutajulu, Sp.AN-KIC, Dokter Spesialis Anestesi Konsultan Intensive Care dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, “Dalam prosedur ini, pasien akan menjalani pembiusan umum untuk mengoptimalkan oksigenasi dan menjaga patensi jalan napas tetap aman.”

Prosedur Bronkoskopi Cryotherapy yang ada di layanan Advanced Interventional Pulmonology Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) didukung oleh para dokter spesialis dan subspesialis yang meliputi, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit dalam konsultan pulmonologi dan medik kritis khususnya intervensi pulmonologi, dokter spesialis anestesi konsultan intensive care, dan tim medis lainnya yang andal, profesional, dan berpengalaman. 

Konsultasi dan pemeriksaan terkait gangguan sistem pernapasan bersama tim dokter subspesialis di layanan Advanced Interventional Pulmonology Mayapada Hospital dapat dilakukan dengan membuat jadwal temu melalui aplikasi MyCare. 

Dengan aplikasi MyCare, pasien dapat mengakses layanan dengan cepat karena dapat memperoleh nomor antrean lebih awal dengan proses transaksi layanan yang praktis di berbagai kanal pembayaran.

MyCare juga dilengkapi fitur seperti Healthy Lifestyle yang terkoneksi dengan Google Fit dan Health Access untuk memantau aktivitas olahraga dan kebugaran seperti menghitung langkah kaki, detak jantung, body mass index, dan lainnya.

Berbagai informasi kesehatan lengkap juga terangkum dalam fitur Health Articles di MyCare. Unduh MyCare di Google Play Store dan App Store, karena pengguna yang baru pertama kali registrasi akan mendapat point reward untuk potongan harga layanan di Mayapada Hospital. 

tags :

Spesialis Penyakit Dalam Internal Medicine Center Mayapada Advanced Intervensi Pulmonologi Unit