Bebas Nyeri Melalui Penanganan Nyeri di Mayapada Hospital Bogor (MHBG)

...

Siapa yang tidak pernah merasakan nyeri? 

Nyeri didefinisikan sebagai sensasi sakit atau tidak nyaman di tubuh. Nyeri merupakan keluhan yang paling banyak dialami oleh pasien dan dapat menyebabkan gangguan tidur, kerja, aktivitas, dan bahkan berdampak pada hubungan sosial. 

Nyeri sering disebut juga sebagai tanda vital ke-5 setelah suhu tubuh, denyut nadi, frekuensi pernapasan, dan tekanan darah.

Nyeri juga merupakan salah satu proses alamiah dari tubuh yang memberikan sinyal kepada kita bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh. 

Mengingat dampak dan peran penting dari nyeri, diperlukan perhatian dan penanganan nyeri yang baik dan adekuat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Penanganan nyeri atau pain management adalah sekumpulan prosedur medis untuk menghilangkan atau mengatasi rasa nyeri pada pasien, dengan cara memasukkan obat, zat, atau alat tertentu ke dalam bagian tubuh yang menjadi sumber nyeri. 

Penanganan nyeri bersifat personal dan berbeda bagi setiap pasien tergantung pada jenis nyeri, kondisi kesehatan, serta derajat keparahan atau skala nyeri yang dirasakan.
 

Penanganan Nyeri

Beberapa teknik penanganan nyeri, antara lain:

  1. Non farmakologi
    Merupakan upaya menghilangkan nyeri tanpa menggunakan obat. Beberapa jenis tindakan non farmakologi antara lain: massage (pijatan), relaksasi, kompres hangat dan dingin, dan stimulasi saraf elektris.

  2. Farmakologi
    Menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan nyeri, seperti: anti peradangan, analgesic, pelemas otot, dll.

  3. Intervensi
    Suatu tindakan minimal invasif yang dilakukan dengan panduan alat untuk mengatasi nyeri, dengan beberapa teknik antara lain: penyuntikan obat pada lokasi nyeri, blok saraf, dan neuromodulasi untuk menonaktifkan jaringan saraf yang menghantarkan sinyal nyeri.

  4. Operasi
    Tujuan dari penanganan nyeri bukan semata mengurangi rasa nyeri, namun juga mengembalikan fungsi dari anggota tubuh dan meningkatkan kualitas hidup pasien. 

"Nyeri merupakan sensasi sakit yang sering mengganggu aktivitas dan kualitas hidup. Penanganannya perlu tepat agar efektif," ujar dr. M. Tsani Musyafa, Sp.OT, M.Kes, Dokter Spesialis Ortopedi dari Mayapada Hospital Bogor (MHBG).

Ditambahkan dr. Henny Widyastuti, M.Kes, Sp.An, FIPM, Subsp.MN (K), Dokter Spesialis Anestesi Subspesialis Manajemen Nyeri dari Mayapada Hospital Bogor (MHBG), penanganan nyeri melalui Pain Clinic bukan hanya tentang menghilangkan rasa sakit, tapi juga mengembalikan fungsi tubuh dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan penanganan nyeri, Mayapada Hospital Bogor (MHBG) melalui salah satu layanan unggulannya Orthopedic Center menyediakan Pain Clinic yang komprehensif dengan tim medis profesional multi spesialisasi.

Pain Clinic memberikan penanganan nyeri yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pasien dan memastikan kesembuhan berjalan optimal.

Konsultasi dengan dokter spesialis kami mengenai pengobatan dan penanganan nyeri. Buat janji konsultasi di sini atau hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:

  • dr. M. Tsani Musyafa, Sp.OT, M.Kes
    Dokter Spesialis
    Mayapada Hospital Bogor (MHBG)

  • dr. Henny Widyastuti, M.Kes, Sp.An, FIPM, Subsp.MN (K)
    Dokter Spesialis Anestesi
    Subspesialis Manajemen Nyeri
    Mayapada Hospital Bogor (MHBG)

tags :

Orthopaedic Center Spesialis Tulang Dan Sendi Pain Management Pain Clinic