Kenapa Harus Caesar? Ini 4 Alasan Ibu Harus Melahirkan Caesar

...

Proses persalinan normal memang selalu menjadi dambaan bagi para ibu hamil. Namun, dalam beberapa kondisi, melahirkan dengan operasi caesar menjadi pilihan yang tepat untuk memastikan keamanan dan kesehatan ibu dan bayi.

Alasan yang mengharuskan ibu melahirkan bayi dengan prosedur caesar

  • Keadaan janin yang tidak normal
    Bayi dalam posisi abnormal dalam rahim, seperti melintang atau sungsang, dapat mempersulit proses persalinan normal dan membahayakan kesehatan ibu dan bayi
     
  • Kondisi kesehatan ibu
    Ibu dengan penyakit jantung, preeklampsia atau eklampsia, diabetes gestasional, dan infeksi pada organ reprodksi, diharuskan melahirkan dengan caesar untuk menghindari komplikasi yang berakibat fatal.
     
  • Hambatan persalinan
    Persalinan yang macet atau memakan waktu lama, dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Caesar menjadi pilihan terbaik untuk mempercepat proses persalinan dalam situasi ini.
     
  • Masalah tali plasenta
    Keadaan plasenta yang tidak normal, seperti plasenta previa (menutupi jalan lahir) atau plasenta abruptio (terlepas dari rahim), dapat menyebabkan perdarahan yang hebat dan membahayakan keselamatan ibu dan bayi.

 

Pentingnya konsultasi dengan dokter spesialis

Meskipun caesar terkadang menjadi pilihan utama, ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan secara rutin untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan bayi. Dokter akan membantu menentukan metode persalinan yang paling tepat dan aman berdasarkan kondisi medis dan pertimbangan lain.

dr. Robert Hunan Purwaka, Sp.OG, D.Mas, F.Mis, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Mayapada Hospital Surabaya (MHSB), menekankan pentingnya konsultasi dengan dokter untuk menghindari risiko dan komplikasi yang ditimbulkan dari operasi caesar.

"Selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis hingga persalinan berjalan dengan aman bagi ibu dan buah hati," ujar dr. Robert.

Melahirkan dengan caesar bukanlah pilihan yang salah, melainkan solusi terbaik untuk memastikan keamanan dan kesehatan ibu dan bayi dalam kondisi tertentu. Konsultasi rutin dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan menjadi kunci utama untuk mendapatkan informasi yang tepat dan metode persalinan yang sesuai.

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Onkologi kami. Buat janji di sini atau hubungi Call Center 150770.

 

Direview oleh:

dr. Robert Hunan Purwaka, Sp.OG, D.Mas, F.Mis
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
Mayapada Hospital Surabaya (MHSB)

Lihat jadwal praktek di sini

tags :

Obstetrics & Gynecology Center Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Persalinan Caesar