Mayapada Hospital Sukses Kembalikan Fungsi Jantung Anak dengan Operasi Mitral Valve Repair

...

Masalah katup jantung dapat terjadi pada setiap orang, baik tua maupun muda. Namun apa jadinya jika masalah katup jantung justru dialami oleh anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan? 

Masalah katup jantung anak ini perlu menjadi perhatian para orang tua untuk menjaga kesehatan jantung anak. Masalah ini tentu saja memerlukan tindakan yang advance agar anak selamat dari risiko gagal jantung dan komplikasi serius lainnya.

Belum lama ini, penanganan terhadap masalah katup jantung pada pasien anak berhasil ditangani di Mayapada Hospital Tangerang pada 21 Juli 2024 oleh dr. Arinto Bono Adji Hardjosworo, Sp.BTKV, Dokter Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular. 

Pasien anak laki-laki berusia 10 tahun ini telah berhasil menjalani operasi Mitral Valve Repair dengan teknik konvensional untuk memperbaiki kerusakan pada katup mitral jantung yang disebabkan oleh penyakit jantung rematik.

Penyakit jantung rematik merupakan kondisi yang terjadi sebagai komplikasi dari infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus A. Setelah infeksi tenggorokan sembuh, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan jantung, terutama katup jantung. Hal ini menyebabkan peradangan pada jantung yang dapat merusak katup jantung secara permanen.

Dalam kasus tersebut, pasien mengalami sejumlah gejala yang mengganggu, seperti demam berkepanjangan, penurunan nafsu makan, dan gangguan tumbuh kembang. 

Menurut penuturan ayah pasien, sang anak mengalami demam yang setiap kali kambuh di malam hari. Nafsu makannya pun menurun drastis sehingga berpengaruh pada pertumbuhannya. Tinggi badan sang anak jauh di bawah rata-rata dari teman sebayanya.

Setelah melewati berbagai pemeriksaan, dokter mendiagnosis adanya kerusakan pada katup mitral jantung. Katup mitral sendiri merupakan sebuah katup yang terletak di antara serambi kiri dan bilik kiri jantung. 

Katup mitral berfungsi untuk mencegah darah mengalir ke serambi kiri saat jantung berkontraksi. Jika katup mitral tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan kebocoran yang mengakibatkan sejumlah gejala seperti yang dialami pasien anak ini.

Sebagai dokter yang menangani kasus ini, dr. Arinto Bono Adji Hardjosworo, Sp.BTKV mengatakan bahwa kerusakan katup mitral pada anak-anak dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk gagal jantung, gangguan pertumbuhan, dan penurunan kualitas hidup.

“Teknik operasi pada kasus ini cukup kompleks karena terjadi prolaps, di mana semua segmen daun katup jantung tidak menutup sama sekali. Tindakannya berupa memperbaiki daun katup jantung yang mengalami disfungsi dengan tanpa menggunakan bahan-bahan artifisial kecuali ring jantung. Dengan demikian diharapkan katup jantung akan ikut dengan pertumbuhan badan anak sehingga keberhasilan setelah operasi bisa bertahan lama,” ujar dr. Bono menjelaskan. 

Tindakan repair katup yang dilakukan dr. Bono termasuk ke dalam tindakan dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan jarang dapat dilakukan oleh dokter bedah jantung. “Seperti operasi lainnya, operasi ini juga memiliki risiko. Namun dengan kemajuan teknologi medis dan keahlian tim medis, risiko komplikasi dapat diminimalkan,” kata dr.Bono.

Pasca-operasi dilakukan, pasien menjalani masa perawatan intensif dan pemulihan berjalan dengan lancar. Kondisi pasien menunjukkan perkembangan yang baik, nafsu makan kembali meningkat, demam tidak lagi kambuh, dan aktivitasnya semakin membaik.

Masalah katup jantung yang dialami pasien anak ini sekaligus menjadi pengingat bagi para orang tua untuk senantiasa memperhatikan tanda-tanda gangguan kesehatan pada anak. Jika didapati gejala demam berkepanjangan, penurunan nafsu makan, gangguan pertumbuhan, atau sesak napas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat mencegah komplikasi serius pada anak.

Penanganan masalah katup jantung pada anak dengan tindakan Mitral Valve Repair seperti yang dilakukan oleh dr. Bono dapat dilakukan di salah satu layanan unggulan Mayapada Hospital yakni Cardiovascular Center.

Cardiovascular Center merupakan layanan komprehensif dan mutakhir untuk menangani masalah jantung mulai dari pencegahan, skrining dan diagnosis, pengobatan, sampai dengan rehabilitasi pasca-tindakan.

Dengan keahlian tim dokter yang ada di layanan Cardiovascular Center Mayapada Hospital, tindakan advance dengan tingkat kesulitan tinggi, seperti tindakan bedah jantung secara minimal invasif (minim sayatan) dapat dilakukan.

Selain tindakan Mitral Valve Repair seperti yang dijelaskan di atas, layanan Cardiovascular Center Mayapada Hospital juga telah banyak mengerjakan kasus advance lainnya seperti tindakan bedah jantung CABG (Coronary Artery Bypass Graft) atau Bypass Jantung, penanganan kasus aritmia dengan ablasi jantung, penanganan gangguan pembuluh darah aorta dengan prosedur TEVAR dan Bentall Procedure sebagai tindakan yang memiliki kesulitan tinggi, sampai dengan bedah jantung untuk menangani penyakit jantung bawaan pada anak-anak seperti Tetralogi of Fallot, ASD dan VSD.

Direview oleh:
dr. Arinto Bono Adji Hardjosworo, Sp.BTKV
Dokter Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular
Mayapada Hospital Tangerang (MHTG)

Jadwal praktik di sini

tags :

Cardiovascular Center