TEVAR: Solusi Atasi Aneurisma Jantung Tanpa Bedah Besar

...

Pernahkah mendengar tentang aneurisma aorta

Penyakit aneurisma aorta ibarat bom waktu yang tertanam di dalam tubuh. Bisa meledak kapan saja.

Aneurisma aorta terjadi ketika pembuluh darah utama (aorta) di perut atau dada mengalami penggelembungan atau pembesaran yang tidak normal.

Kondisi ini bagaikan bom waktu karena berisiko pecah sewaktu-waktu, menimbulkan perdarahan internal yang fatal dan menghalangi aliran darah ke seluruh tubuh. 

Parahnya, penyakit ini sering kali tidak menunjukkan gejala, sehingga sulit terdeteksi dini. Gejala baru muncul ketika pembengkakan sudah parah, seperti nyeri perut atau dada, sesak napas, dan batuk.

TEVAR: Solusi mengatasi aneurisma aorta

Kemajuan teknologi medis menghadirkan solusi untuk mengatasi aneurisma aorta. TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair) adalah prosedur bedah minimal invasif yang menggunakan sayatan kecil dan stent graft untuk memperkuat aorta dan memperbaiki dinding pembuluh darah.

Dibandingkan operasi terbuka konvensional, TEVAR menawarkan banyak keunggulan, seperti:

  • Risiko kematian, luka, infeksi, dan rasa nyeri pasca-tindakan lebih kecil
  • Pemulihan lebih cepat
  • Pasien dapat segera kembali beraktivitas
  • Proses TEVAR bisa memperbaiki aorta dari dalam

Prosedur TEVAR dilakukan dengan memasukkan kateter ke pembuluh darah arteri pasien, biasanya di pangkal paha. Kateter ini menjadi akses untuk mencapai aorta. 

Selanjutnya, stent graft di pasang di ujung kateter dan ditempatkan di area aorta yang bermasalah dengan bantuan sinar-x (fluoroskopi).

Stent graft ini bagaikan tambalan yang memperkuat aorta dan memperbaiki dinding pembuluh darah, sehingga meminimalisir risiko pecah.

Aneurisma aorta memang berbahaya, namun dengan deteksi dini dan penanganan tepat, peluang hidup pasien dapat meningkat secara signifikan. 

“Jika Anda memiliki faktor risiko, seperti usia lanjut, riwayat keluarga dengan aneurisma aorta, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Dr. dr. Ismail Dilawar, Sp.BTKV (K) JD, MARS, Dokter Spesialis Bedah Jantung dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS).

Konsultasi dengan dokter spesialis jantung kami. Buat janji di sini atau hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:
Dr. dr. Ismail Dilawar, Sp.BTKV (K) JD, MARS
Dokter Spesialis Bedah Jantung
Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Cardiovascular Center Tevar Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah