Bagaimana solusi pengobatan batuk 100 hari?


Tanya:

Saya pria, 35, mengalami batuk yang orang kebanyakan menyebutnya “batuk 100 hari” atau “batuk rejan”. Selama tiga bulan lebih, batuk itu menyerang saya, dan tenggorokan terasa gatal. Biasanya, batuk itu akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati setelah melewati tiga bulan.

Anehnya, gangguan ini saya alami setiap tahun sejak beberapa tahun lalu. Saya sudah periksa ke dokter dan juga uji laboratorium serta radiologi, hasilnya baik-baik saja tidak ada gangguan apa pun pada paru-paru saya. Dokter pun mendiagnosa saya mengidap alergi (yang penyebabnya belum diketahui).

Betulkah yang dialami saya ini alergi? Bagaimana saya bisa tahu penyebab alerginya? Apa penanganan yang tepat untuk masalah saya ini?

Nino

Jawab:

Batuk adalah refleks tubuh untuk membersihkan saluran napas. Jadi, batuk bukanlah penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit. Batuk yang Anda alami merupakan batuk bersifat kronik, yaitu batuk yang terjadi lebih dari satu minggu.

Untuk mengetahui apakah batuk yang Anda alami tersebut merupakan akibat alergi, biasanya dokter akan memastikannya dengan pemeriksaan kadar alergi di dalam tubuh yaitu dengan melakukan pemeriksaan eosinofil.

Bila kadarnya lebih dari tiga maka bisa saja batuk tersebut merupakan salah satu dari gejala asma. Anda perlu juga melakukan pemeriksaan spirometri, yaitu pemeriksaan faal atau fungsi paru, dan juga pemeriksaan kadar Ig E dengan cara pengambilan darah.

Sementara untuk mengetahui penyebab pasti alergi dapat dilakukan pemeriksaan skin prick test (uji tusuk pada kulit) atau skin scratch test (uji gores pada kulit). Keduanya adalah pemeriksaan dengan cara menusuk atau menggores kulit dengan zat alergen (zat yang dapat menyebabkan alergi pada orang tertentu).

Jika sudah pasti Anda menderita batuk alergi, maka penanganan yang tepat untuk mencegah batuk datang lagi adalah dengan menghindari pajaran alergen baik dari makanan atau dari lingkungan seperti debu, polusi, asap, dan sebagainya. Cukup sulit, memang, menghindari paparan polutan khususnya bagi kita yang tinggal di kota besar. Namun untuk meminimalisir pajaran tersebut tentu saja Anda bisa mengenakan masker saat berada di luar ruang. 


Buat janji dokter Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur book an appointment. Cek di sini.

dr. Regina Annisa Harahap Sp.P
Mayapada Hospital Tangerang

Dr. Pada

Related Questions