Sakit kepala seperti ditusuk-tusuk


Pertanyaan

Dokter beberapa bulan terakhir, saya merasakan sakit kepala yang berat, rasanya seperti kepala ditusuk-tusuk, leher juga kaku, emosi yang labil, dan susah tidur. Saya sudah minum obat sakit kepala dan rasa sakit kepala itu hilang namun terkadang muncul lagi.

Berdasarkan gejala-gejala tersebut, apakah saya menderita vertigo atau hanya migrain biasa? Apa sebenarnya perbedaan dari migrain dan vertigo?

Silvy Khairunnisa

Jawab

Migrain adalah suatu kelainan atau suatu gejala yang dirasakan pasien berupa sakit kepala berdenyut. Sakit kepala berdenyut ini biasanya unilateral atau satu sisi bisa kanan bisa kiri.

Pasien-pasien dengan migrain biasa mengalami gejala seperti berdenyut, kemudian kalau dia bergerak perubahan posisi, sakit kepalanya bertambah, bisa disertai muntah dan mual, bisa dia mendengar atau melihat cahaya yang dapat memicu migrainnya.

Wanita usia 20-an sampai 40-an paling tinggi terkena gejala-gejala migrain. Pasien dengan migrain ini juga biasanya dipicu oleh kelelahan, faktor-faktor hormonal, dan faktor-faktor yang mengingkatkan kecemasan.

Perbedaan dengan vertigo adalah sensasi berputar atau perasaan melayang atau perasaan dirinya berputar atau goyang, bisa juga perasaan lingkungan sekitarnya bergoyang atau bergerak, pada vertigo pasien bisa saja disertai dengan adanya telinga berdenging, pasien bias mengalami mual muntah, dan pada beberapa pasien yang vertigo bisa disertai dengan bila dia buka mata, pasien itu mengalami vertigo lebih berat.

Untuk kasus ini perdefinisi tidak masuk ke migrain dan tidak masuk ke vertigo. Ada baiknya untuk keluhan seperti ini langsung dikonsulkan ke dokter spesialis saraf.

Buat janji dengan dokter Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur book an appoitnment yang ada di website. Cek di sini untuk buat janji dokter.

 

dr. Tri Wahyudi Sp.S FINS
Mayapada Hospital Tangerang

Dr. Pada