Mayapada Hospital Bandung Sebagai Green Hospital Pertama di Indonesia

...

Mayapada Healthcare membuka unit rumah sakit yang ke-6, yaitu Mayapada Hospital Bandung (MHBD). Unit di Bandung ini sudah beroperasi sejak Februari 2023.

Berlokasi di Jl. Terusan Buah Batu No.5, Bandung, Mayapada Hospital Bandung menjadi Rumah Sakit Green Hospital pertama di Indonesia yang tersertifikasi Greenship & EDGE.

Pada Senin, 6 Maret 2023, Mayapada Hospital Bandung diresmikan Presiden Jokowi Widodo.

 

Turut hadir dalam peresmian itu, di antaranya: Pratikno, Menteri Sekretaris Negara; Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan; Ali Gufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan; Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gurbenur Jawa Barat; Yana Mulyana, Walikota Bandung; Jonathan Tahir, Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare beserta jajaran direksi Mayapada Healthcare.

“Saya tadi baru saja masuk ke dalam rumah sakit ini, apa yang saya lihat, ruangannya, alkesnya (alat kesehatan), tata ruangnya, green building-nya, sangat-sangat bagus," ujar Presiden Jokowi. 

"Karena informasi yang saya terima, hampir 2 juta masyarakat kita masih berobat ke luar negeri apabila sakit, padahal kita memiliki rumah sakit  seperti ini."

Beliau juga menuturkan, “Rp 165 Triliyun devisa kita hilang, oleh sebab itu saya sangat mendukung pembangunan rumah sakit seperti Mayapada Hospital Bandung ini “

Pada kesempatan ini juga Mayapada Hospital melalui Tahir Foundation memberikan donasi sebesar Rp 5 Milyar rupiah kepada BPJS Kesehatan. Donasi ini sebagai wujud kepedulian Mayapada Healthcare untuk membantu masyarakat mendapatkan akses yang lebih baik terhadap pelayanan kesehatan serta meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat.


Green Hospital Pertama di Indonesia

Sebagai Rumah Sakit Green Hospital Pertama di Indonesia dengan 2 sertifikasi Greenship dan Edge, Mayapada Hospital bandung mendapatkan sertifikasi greenship dengan poin tertinggi platinum.

Mayapada Hospital Bandung terdiri dari 16 lantai yang dibangun di tanah seluas lebih dari 2,5 hektar. Dengan kapasitas lebih dari 200 bed, MHBD siap melayani pelayanan kesehatan bagi warga Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya.  

Mayapada Hospital Bandung menjadi rumah sakit yang ramah lingkungan, diantaranya yaitu konstruksi design yang sesuai dengan pedoman Kementrian Kesehatan, area hijau 15% dari total lahan dan penyediaan parkir sepeda.

Selain itu, Mayapada Hospital Bandung juga menerapkan efisiensi energi di area rumah sakit seperti memaksimalkan cahaya natural dari penggunaan kaca-kaca yang besar dan tidak memerlukan lampu tambahan.

Kemudian, Mayapada Hospital Bandung juga menggunakan peralatan yang hemat efisiensi sehingga mengurangi 38% energi dari rata-rata pemakaian gedung lainnya.

Penerapan sistem pengolahan limbah padat dan cair juga sudah dimaksimalkan secara baik, disamping penggunaaan material bangunan dan interior yang non-toxic, hingga memberikan ruang hijau di area rumah sakit. 

Mayapada Hospital Bandung dibangun untuk memberikan kenyamanan, keamanan, serta suasana yang menenangkan bagi para pasien, sehingga pasien dapat fokus menjalankan perawatan semaksimal mungkin.

Kenyamanan pasien yang diberikan, di antaranya penyediaan layanan emergency 24 jam yang siap menangani kasus kegawatdaruratan seperti kegawatdaruran jantung, stroke maupun trauma atau kecelakaan yang didukung dengan alur Instalasi Gawat Darurat  (IGD)  yang terpisah bagi pasien infeksius dan non-infeksius.


Layanan Unggulan di Mayapada Hospital Bandung

Mayapada Hospital Bandung didukung tim dokter-dokter multispesialisasi terintegrasi yang lengkap. Mulai dari dokter spesialis hingga sub-spesialis, pemeriksaan medis dan pemeriksaan penunjang, serta dilengkapi peralatan medis terkini.

Sejumlah layanan yang tesedia di Mayapada Hospital Bandung:


Jonathan Tahir, Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare  mengatakan, "Acara peresmian dan pembukaan  Mayapada Hospital Bandung ini merupakan perwujudan komitmen kami dalam tahap rangkaian ekspansi Mayapada Healthcare di Jawa Barat, setelah November 2021 hadir di Surabaya.

"Mayapada Hospital Bandung merupakan unit rumah sakit pertama kami yang mengusung tema Green Hospital, tidak hanya secara konsep, tetapi kami berkomitmen penuh hingga meraih sertifikasi Greenship & EDGE untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas khususnya untuk masyarakat daerah Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya."

"Harapan kami, Mayapada Hospital Bandung dapat memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Indonesia secara unggul dan dikenal akan kualitas pelayanannya.”

tags :

Mayapada Hospital Bandung Joko Widodo Presiden Jokowi Jokowi Rumah Sakit Bandung