Implementasikan Layanan Kesehatan Kelas Dunia, Mayapada Hospital Jakarta Selatan Raih Akreditasi Internasional JCI

...

Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) berhasil meraih akreditasi Joint Commission International (JCI), yaitu akreditasi yang telah diakui secara internasional sebagai standar tertinggi untuk lembaga kesehatan, akhir tahun 2023. 

Sebagai bagian dari jaringan rumah sakit Mayapada Healthcare Group, unit Mayapada Hospital Jakarta Selatan sebelumnya juga sudah memiliki akreditasi PARIPURNA dari salah satu lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Akreditasi JCI yang didapatkan menandakan bahwa Mayapada Hospital patuh pada protokol internasional dan standar kualitas tertinggi guna memastikan hasil yang terbaik bagi pasien, dengan mengutamakan mutu, keselamatan, serta pengalaman pasien (patient experience).

John Yoon, Managing Director Asia Pacific Joint Commission International menyampaikan, untuk mencapai akreditasi JCI, institusi atau penyedia layanan kesehatan harus melalui penilaian performa yang nyata berdasarkan standar internasional yang ketat. 

Kesuksesan pencapaian akreditasi JCI oleh Mayapada Hospital Jakarta Selatan menegaskan komitmen kuat dari manajemen terhadap keselamatan pasien dan kualitas layanan, serta dedikasi tanpa henti dari seluruh staf dalam memberikan layanan yang unggul. 

“Selamat kepada Mayapada Hospital! Anda telah menunjukkan teamwork dan upaya kolektif yang luar biasa, serta memastikan perawatan penuh kasih kepada setiap pasien dengan standar kualitas dan keamanan tertinggi,” ujar John Yoon.

“Kami sangat menantikan kolaborasi selanjutnya bersama Mayapada Hospital untuk meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia dan seluas-luasnya.”

Jonathan Tahir, Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare Group mengatakan, misi Mayapada Healthcare Group adalah konsisten memberikan layanan kesehatan berstandar internasional kepada setiap pasien terutama melalui layanan unggulan Mayapada Hospital seperti penanganan kanker, jantung , saraf, tulang, saluran cerna, dan lainnya. 

Selanjutnya Standar akreditasi JCI akan menjadi tolok ukur bagi kami dan akan diberlakukan di seluruh unit Mayapada Hospital tanpa terkecuali. 

Dengan demikian, setiap unit Mayapada Hospital memiliki kualitas layanan yang seragam dan berstandar internasional, sehingga pasien tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri.

“Kami yakin kepercayaan masyarakat kepada Mayapada Hospital akan semakin meningkat dengan standarisasi layanan kami yang ketat dan sudah teruji secara global,” ujar Jonathan Tahir.

Lebih lanjut Jonathan menambahkan, Mayapada Healthcare Group terus melakukan continuous improvement, di mana selalu memusatkan dan melibatkan pasien di setiap langkah perawatan (patient centric) dan mengutamakan patient experience.

Mayapada Healthcare Group selalu mengedepankan sinergi perawatan untuk pasien melalui kolaborasi antar tim profesional dari multidisiplin, keperawatan dan penunjang medis di berbagai layanan unggulan di unit-unit Mayapada Hospital.

Layanan patient navigator

Penerapan standar akreditasi JCI di Mayapada Hospital Jakarta Selatan menghadirkan berbagai keunggulan layanan yang berpusat pada kebutuhan pada pasien sehingga pasien mendapatkan pengalaman berobat yang aman, nyaman, dan memuaskan di setiap tahapan pelayanan yang dilalui. 

Seperti di layanan Oncology Center, diagnosis kanker pada pasien dapat ditegakkan sesuai dengan standar protokol internasional, dan Mayapada Healthcare Group memiliki tumor board yang aktif dari berbagai multidisiplin untuk memberikan rencana perawatan yang tepat. 

Selain itu, untuk mendampingi pasien dalam menjalani perawatan kanker, Oncology Center juga menghadirkan layanan patient navigator beranggotakan tim medis dan penunjang medis yang memiliki kompetensi dalam menangani kanker. 

Keunggulan ini akan memberikan outcome terbaik bagi pasien dalam hal ketepatan dan kecepatan pengobatan. Demikian juga untuk layanan penanganan kasus saraf, Tahir Neuroscience Center Mayapada Healthcare Group telah mengimplementasikan code stroke untuk penanganan kasus stroke. 

Apresiasi pasien terhadap layanan di Mayapada Hospital

Sedangkan untuk penanganan kasus jantung, Cardiovascular Center Mayapada Healthcare Group juga memiliki Clinical Guidelines untuk operasi CABG, atau yang sering disebut operasi bypass.

Seluruh standardisasi ini diharapkan dapat membuat pasien mendapatkan informasi yang tepat dan memiliki pengalaman berobat yang aman, nyaman, serta memuaskan. Sebagai contoh, terdapat seorang pasien yang baru saja selesai menjalani operasi minimal invasif pada prostat dan ditangani oleh dr. Syamsu Hudaya, Sp.U (K), dokter spesialis urologi konsultan onkologi di Mayapada Hospital Jakarta Selatan. 

Salah seorang keluarga pasien, berbagi pengalaman positifnya selama mendampingi pasien di mana ini merupakan kali ketiga ia berkunjung ke Mayapada Hospital Jakarta Selatan. 

Saat itu, pasien merasakan keluhan nyeri hebat dan sulit untuk buang air kecil hingga harus datang ke IGD Mayapada Hospital Jakarta Selatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Ia menceritakan, sampai di IGD, semua suster dan dokter cekatan, (suami saya) didiagnosis, kemudian harus (mendapatkan penanganan lanjutan) operasi. Saya melihat bagaimana cara kerja perawat dan dokter-dokter di sini menangani dengan cepat dengan peralatan yang sangat canggih. 

Sampai di ruangan (setelah berhasil menjalani operasi), kami dilayani oleh perawat-perawat, cleaning service, dan dokter-dokter yang ramah bahkan sampai makanan (yang disajikan) rasanya seperti di hotel bintang lima. Terima kasih Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

JCI merupakan lembaga independen berbasis di Amerika Serikat yang memberikan akreditasi dan sertifikasi kepada institusi kesehatan di seluruh dunia. Di Indonesia, hanya 24 rumah sakit yang memiliki akreditasi JCI, salah satunya Mayapada Hospital Jakarta Selatan. 

Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Fiktorius Kuludong MM turut mengungkapkan, akreditasi JCI yang kami dapatkan adalah bukti komitmen kami terhadap mutu melalui penerapan layanan kesehatan berkelas dunia, patient-centered care dengan mendengarkan kebutuhan pasien, memastikan dan meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan pasien. 

Komitmen kuat ini selalu diimplementasikan di Mayapada Hospital Jakarta Selatan sehingga kami pun yakin Mayapada Hospital Jakarta Selatan mampu melewati semua proses rangkaian asesmen dari Tim Surveyor JCI.”

Informasi lebih lanjut, hubungi Call Center 150770.

tags :

Jci Corporate News Unit News