Mengenal Polidaktili, Kelainan Jari pada Anak yang Terjadi di Bandung

...

Apa itu Polidaktili?

Polidaktili adalah kondisi bayi lahir dengan 1 atau lebih jari tambahan, baik di tangan atau kaki. Tambahan jari ini biasanya berukuran lebih kecil dan tumbuh secara abnormal.

Polidaktili yang terjadi pada tangan merupakan salah satu kelainan bawaan lahir (kongenital) yang paling sering.

Polidaktili biasanya terjadi hanya pada salah satu tangan atau kaki, meskipun pada kasus yang lebih jarang bisa juga terjadi pada kedua sisi.

Deteksi dini Polidaktili

Polidaktili dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG selama kehamilan maupun dilihat langsung saat kelahiran. Jari tambahan ini dapat terletak pada sisi luar (kelingking), sisi dalam (ibu jari), maupun sentral di antara jari-jari lainnya.

Setelah lahir, dokter dapat melakukan pemeriksaan rontgen untuk melihat struktur pembentuk jari tambahan tersebut dan menentukan pilihan penanganan yang akan dilakukan.

Dokter juga dapat meminta beberapa pemeriksaan laboratorium darah untuk mencari kemungkinan kelainan genetik.

Penanganan Polidaktili

Penanganan polidaktili dilakukan dengan membuang jari tambahan tersebut, biasanya dilakukan dini pada usia 1-2 tahun sehingga tidak mengganggu tahapan-tahapan tumbuh kembang selanjutnya.

Metode yang digunakan tergantung pada lokasi dan struktur pembentuknya. Bila jari tambahan hanya terhubung oleh jaringan lunak dan bukan tulang, maka dapat menggunakan klip pada pangkal jari tambahan untuk menghentikan aliran darah ke area tersebut.

Jari tambahan akan menyusut dan lepas dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu mirip seperti tali pusat pada bayi baru lahir.

Tindakan pembedahan Polidaktili

Tindakan pembedahan diperlukan apabila jari tambahan tersusun oleh tulang (disebut polidaktili lengkap), atau terdapat gangguan struktur pada tangan atau kaki.

Gangguan struktur ini dapat berupa gangguan bentuk tulang dan sendi (misalnya bengkok) dan bila tidak ditangani dengan baik dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak selanjutnya, sehingga perlu perencanaan tindakan pembedahan yang baik untuk memperbaiki gangguan tersebut bersamaan dengan proses pengangkatan jari tambahan.

Selain membuang jari tambahan, juga dilakukan rekonstruksi tendon dan bahkan kapsul sendi.

Mayapada Hospital Bandung melalui salah satu layanan unggulannya yakni Orthopedic Center berhasil menangani seorang anak dengan polidaktili pada kaki.

Anak tersebut terlahir dengan 3 jari tambahan pada kaki kirinya, disertai dengan gangguan bentuk dan struktur pada kaki.

Dokter Spesialis Ortopedi, Konsultan Ortopedi Anak dari Mayapada Hospital Bandung (MHBD), Prof. Dr. dr. Yoyos Dias Ismiarto, Sp.OT (K), M.Kes, CCD kemudian melakukan operasi pengangkatan jari tambahan sekaligus rekonstruksi untuk memperbaiki bentuk dan struktur kaki.

Pasca operasi kaki anak tersebut mengalami perbaikan bentuk dan struktur yang signifikan, dan dilanjutkan dengan kontrol dan perawatan luka berkala untuk memastikan penyembuhan yang optimal.

Info lebih lanjut untuk konsultasi dengan dokter spesialis, hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:
Prof. Dr. dr. Yoyos Dias Ismiarto, Sp.OT (K), M.Kes, CCD
Dokter Spesialis Ortopedi (Tulang dan Traumatologi)
Konsultan Ortopedi Anak
Mayapada Hospital Bandung (MHBD)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Orthopaedic Center Spesialis Tulang Dan Sendi Konsultan Ortopedi Anak