Pilih MPASI instan atau masak sendiri?


Pertanyaan:

Apakah Makanan Pendamping ASI (MPASI) instan atau beli di luar aman dari virus, terutama saat Pandemi? Dan mana yang lebih baik, beli MPASI instan atau masak sendiri?

Maya Annisa

Jawaban:

Untuk bayi, sebaiknya makanan diolah dan dimasak sendiri, tidak beli di luar meskipun sekarang sudah banyak yang jual makanan bayi yang siap saji. Ini untuk mengurangi risko penularan penyakit, tidak hanya COVID-19 tapi juga virus atau kuman penyebab penyakit lainnya. Jadi kalau bisa, sebaiknya kita membuat MPASI sendiri di rumah.

Kemudian mengenai mana yang lebih baik, MPASI instan atau masak sendiri? Segala sesuatu yang fresh dan alami pasti lebih baik. Dengan mengonsumsi MPASI yang dimasak sendiri, anak lebih mengenal berbagai rasa yang sesuai dengan jenis makanan keluarga yang biasa dimakan di rumah. Tapi kelemahannya, zat gizinya lebih sulit terukur dengan baik, karena sangat dipengaruhi oleh jenis makanan, jumlahnya, dan juga cara memasaknya. 

Pada MPASI instan, zat gizinya lebih terukur, lebih mudah juga dalam penyajiannya. 

Dikembalikan kepada pilihan ibu, lebih memilih dan memungkinkan yang mana. Kalau pilihannya yang alami dan fresh, tentu itu lebih baik asal tetap memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Oleh karena itu diperlukan bekal pengetahuan bagi ibu bagaimana memasak MPASI yang baik dan benar.

Buat janji dengan dokter spesialis anak di Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur Book An Appointment di website. Daftar di sini.

dr. Daulika Yusna, Sp.A
Mayapada Hospital Kuningan

Dr. Pada

Related Questions