Negatif covid, namun masih merasa dada tegang dan kaku


Pertanyaan
Halo Dok, mau tanya. Saya penyintas covid, sudah 3 minggu setelah hasil swab dinyatakan negatif tapi saya masih merasakan dada terasa tegang / kaku kadang-kadang. Apakah ini masih wajar? Jika mau rontgen ulang dengan jarak rontgen sebelumnya hanya 1 bulan, apakah aman dok terkait radiasinya? Terimakasih

Penanya: Lysya A

Jawab:
Ya, pada penyintas covid, beberapa ada yang masih merasakan gejala sisa setelah sembuh dari covid atau long covid berkepanjangan, seperti rasa tidak nyaman di dada, nyeri dada, napas pendek, mudah lelah, batuk. Biasanya gejala ini masih dirasakan dalam waktu 1-3 bulan tergantung berat ringan covid yang menyerang. 

Untuk meringankannya, perlu kombinasi terapi obat, fisioterapi, oksigen dan pemeriksaan evaluasi paru dan jantung pasca covid. Untuk rontgen ulang jarak 1 bulan tidak ada masalah. Radiasi yang digunakan pada pemeriksaan radiologi (CT scan, foto toraks) dosis rendah yang sudah terukur.

Mayapada Hospital memiliki layanan kesehatan untuk penyintas Covid-19: Post Covid Recovery & Rehabilitation Center. Informasi lebih lengkap, hubungi hotline 150770.

dr. Herman Suryatama, SpP
Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Dr. Pada