INI DIA MAKANAN PENCEGAH KANKER PAYUDARA

18 June 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Sekitar 1 di antara 8 orang wanita di Amerika Serikat menderita kanker payudara bahkan hingga mereka berusia 95 tahun. Genetika tampaknya memiliki peranan yang cukup penting pada beberapa kasus, akan tetapi gaya hidup dan pola makan tampaknya juga memiliki peranan penting pada banyak kasus. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker atau memperlambat penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lain.

 

Kunyit

Pada sebuah percobaan yang dilakukan pada tikus, para peneliti menemukan bahwa kunyit dapat membantu mencegah penyebaran kanker payudara ke paru-paru.

 

Blueberi

Menurut sebuah penelitian, fitokimia yang terdapat di dalam blueberi dapat menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

 

Tomat

Tomat mengandung banyak likopene, yang telah terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara.

 

Alpukat

Alpukat mengandung banyak asam oleat, yang menurut beberapa penelitian dapat mencegah terjadinya kanker.

 

Red Wine

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, red wine diduga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara. Akan tetapi, mengkonsumsi lebih dari 2 gelas minuman beralkohol setiap harinya justru dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Jadi perhatikan jumlah red wine yang Anda konsumsi.

Selain itu, red wine juga dapat menurunkan efek radiasi pada wanita yang sedang menjalankan terapi radiasi untuk mengobati kanker yang dideritanya. Sebuah penelitian menemukan bahwa resveratrol di dalam red wine membuat sel-sel kanker lebih rentan terhadap terapi radiasi sambil tetap melindungi sel-sel sehat dari kerusakan akibat radiasi.

 

Sari Buah Delima

Sebuah penelitian menjanjikan di Israel menunjukkan bahwa sari buah delima dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara tetapi tidak mengganggu sel-sel tubuh yang sehat. Selain itu, sari buah delima juga diduga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara baru.

 

Minyak Flaxseed

Flaxseed mengandung banyak lignin, sejenis protein yang berfungsi untuk melawan kanker payudara yang tergantung pada hormon estrogen.

 

Teh Hijau

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara dan mencegah sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain pada wanita yang telah menderita kanker payudara. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung EGCG.

 

Bawang Putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa memasak daging bersama dengan bawang putih juga dapat mengurangi kadar zat kimia penyebab kanker yang terdapat di dalam daging.

 

Brokoli

Brokoli mengandung indol-3-karbinol, suatu zat kimia yang dapat melawan kanker payudara dengan mengubah estrogen penyebab kanker menjadi estrogen pencegah kanker.

 

Kembang Kol

Seperti halnya brokoli, kembang kol juga merupakan makanan yang mengandung banyak indol-3-karbinol.

 

Bayam

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi bayam setidaknya 2 kali seminggu memiliki resiko kanker payudara yang jauh lebih rendah yaitu 50% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi bayam.

 

Jeruk Bali

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jeruk bali dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker payudara.

 

Ceri Hitam

Beberapa penelitian pada tikus percobaan menemukan adanya suatu komponen pada ceri yang dapat mencegah terjadinya kanker payudara.

Sumber: www.dokter.id

 

Tangerang
(021)5578-1888
Jakarta Selatan
(021)2921-7777