Pertama di Indonesia, Mayapada Hospital Membuka Layanan Kesehatan Bagi Pasien yang Sembuh dari Infeksi Covid-19

...

Keterangan foto (Kiri - kanan): Hospital Director of Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Benny H. Tumbelaka Sp.OT, MARS, M.Kes dan COO of Mayapada Healthcare, Navin Sonthalia.


Mayapada Hospital membuka pusat pelayanan kesehatan Post Covid Recovery & Rehabilitation Center (PCRR Center), Senin, 2 November 2020. Ini adalah layanan kesehatan pertama di Indonesia bagi pasien yang telah sembuh dari Infeksi Covid-19.

PCRR Center merupakan suatu `pusat pelayanan kesehatan terintegrasi dan menyeluruh yang khusus melayani pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh.

Pusat pelayanan ini memiliki tempat khusus disetiap rumah sakit yang didukung oleh kolaborasi dokter-dokter multispesialisasi, seperti:

  • Spesialis Paru 
  • Spesialis Jantung
  • Spesialis Saraf
  • Spesialis Penyakit Dalam, termasuk di dalamnya terdiri dari Konsultan Ginjal Hipertensi, Konsultan Endokrin Metabolik & Diabetes, Konsultan Gastroenterohepatology, Konsultan Alergi & Imunologi, Rehabilitasi Medis
  • Psikolog dan Psikiater, lengkap dengan pemeriksaan penunjangnya.

PCRR Center ini merupakan solusi bagi setiap pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 untuk melakukan pengecekan lebih lanjut secara menyeluruh terhadap kondisi kesehatannya. Tujuannya guna mencegah masalah kesehatan yang timbul di kemudian hari.

Berdasarkan penelitian dan fakta yang ditemukan, setelah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19, timbul masalah kesehatan lain baik jangka panjang maupun jangka pendek. Dan biasanya, jenis masalah kesehatan yang timbul tiap individu bisa berbeda, seperti gangguan pada otak, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati.

Disebutkan dalam penelitian juga, bahwa pada pasien yang menderita gejala ringan pada saat terinfeksi, akan terus mengalami keluhan pada masa pemulihannya, seperti cepat sekali merasa kelelahan atau gangguan pada pencernaan.

Sedangkan pasien yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit penyerta dan terinfeksi Covid-19, kemungkinan mengalami keluhan yang menetap pada masa pemulihan dari infeksi Covid-19. Karena itu, Mayapada Healthcare melalui unit Mayapada Hospital terpanggil untuk membantu memberikan solusi dan penanganan cepat dan tepat, untuk mencegah masalah kesehatan yang timbul atau memburuk di kemudian hari lewat PCRR Center ini.

Keterangan foto (Kiri - kanan): dr. Farah P. Karnen, Sp.PD; Dr. dr. Mirza Zoebir, Sp.PD, Sp.P; dr. Benny H. Tumbelaka, Sp.OT, MHKes, Sp.KP, MARS; dr. Prasna Pramita, Sp.PD, K-AI, MARS, FINASIM; dan dr. Nirmala Purbasari, Sp.PD.


Jonathan Tahir, selaku Group CEO Mayapada Healthcare mengatakan, Mayapada Hospital berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Kami berupaya untuk memberikan perawatan secara komprehensif mulai dari screening dan diagnosa pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan PCR Swab Test, penyediaan ruang isolasi dan perawatan intensif khusus bagi pasien Covid-19," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan: "sekarang ini kami hadirkan Post Covid-19 Recovery & Rehabilitation Center sebagai solusi dan jawaban bagi setiap pasien yang pernah terinfeksi dan sudah sembuh dari Covid-19 untuk mencegah dan meminimalisir masalah kesehatan yang sudah timbul atau yang akan timbul jangka panjang.

“Pandemi Covid-19 ini memang memberikan dampak yang tidak nyaman, terutama pasien yang pernah terkena Covid-19. Dengan pemeriksaan menyeluruh, penanganan yang cepat dan tepat di tangan tenaga medis profesional, saya yakin kita bersama-sama dapat meningkatkan kualitas hidup pasien serta memberikan kesempatan untuk menjalani hidup yang bahagia dan sejahtera ke depannya yang lebih baik dan kembali normal.

"Bangsa yang sehat dan produktif merupakan aset terpenting bagi satu negara. Harapan kami, dengan hadirnya PCRR Center ini dapat membantu Bangsa Indonesia yang lebih sehat, produktif, serta sejahtera,” tutup Jonathan Tahir.

Keterangan foto (Kiri - kanan): COO of Mayapada Healthcare, Navin Sonthalia dan Hospital Director of Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Benny H. Tumbelaka Sp.OT, MARS, M.Kes. 


Saat ini, jumlah pasien Covid-19 Indonesia sudah lebih dari 390.000 orang dan diperkirakan masih dapat bertambah terus jumlah orang yang akan positif Covid-19. Saat ini semua unit Mayapada Hospital menjalankan protokol kesehatan dengan ketat seperti diantaranya:

  • Pemisahan gedung perawatan dan poliklinik untuk pasien Covid-19 dan nonCovid-19.
  • Pembatasan keluar masuk pintu utama.
  • Screening suhu tubuh dengan thermal.
  • Penyediaan sanitizer di setiap titik masuk dan keluar Mayapada Hospital.
  • Wajib memakai masker guna mendapatkan akses masuk.
  • Menyiapkan table shield di tiap ruang konsultasi.
  • Melakukan disinfektan secara berkala di setiap sudut rumah sakit.

--

Tentang Mayapada Healthcare

Mayapada Healthcare adalah salah satu pilar bisnis dalam Mayapada Grup (yang didirikan oleh Dato’ Sri Prof. DR. Tahir pada tahun 1986). Mayapada Healthcare menaungi 4 rumah sakit dan 3 klinik, dengan kapasitas total lebih dari 750 bed yang ditunjang oleh lebih dari 1200 tenaga medis professional di bidangnya.

Mayapada Healthcare menaungi Mayapada Hospital Tangerang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Mayapada Hospital Bogor Medical Centre (BMC), Mayapada Hospital Kuningan serta Mayapada Clinic.

Mayapada Hospital telah terakreditasi lulus PARIPURNA oleh KARS versi 2018 dan mendapatkan penghargaan BKKBN, telah mengoperasikan 11 (sebelas) Center of Excellence yaitu : Neuroscience Center, Uro-Nephrology Center, Cardiocascular Center, Gastrohepatology Center, Oncology Center, Orthopedic Center, Obstetrics & Gynecology Center, Iimmunology & Pulmonology and Internal Medicine Center, Pediatric Center, Polyclinic 1 (Dermato Aesthetic Center) & Polyclinic 2 (Spesialis Mata, THT, Gizi Klinik, Andrologi dan Kesehatan Jiwa). 

 

Paket kesehatan Post Covid Recovery & Rehabilitation

Informasi dan pendaftaran:

  • Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) 021-2921 7777 | WhatsApp 0815-7511-1999
  • Mayapada Hospital Tangerang (MHTG)  021-5578 1888 | WhatsApp 0821-1412-3910
  • Mayapada Hospital Bogor (BMC) 0251-8307 900 | WhatsApp 0811- 101-5354
  • Mayapada Hospital Kuningan (MKHN) 021-5091 2929 | WhatsApp 0821-1230-2521

tags :

Corporate News Pcr Center