Anak sakit leher disertai demam


Pertanyaan 
Dok, anak saya merasakan sakit di leher bagian samping kanan dan kiri, serta ada demam. Itu kenapa, ya dok? Terima kasih.

Yati Rahayu

Jawaban
Sakit leher memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi bisa juga dialami oleh anak-anak. Kondisi sakit leher bisa disertai rasa nyeri dan tidak nyaman di bagian sekitar leher. 

Umumnya sakit leher tidak perlu dikhawatirkan, akan tetapi jika disertai dengan gejala seperti demam, nafsu makan menurun, maka tentu saja sebaiknya si kecil segera diperiksakan ke dokter spesialis anak dengan memberikan terlebih dahulu obat penurun demam seperti Paracetamol untuk meredakan demam dan nyerinya.
 
Perlu diketahui beberapa penyebab umum kenapa anak bisa sakit leher:

  • Posisi tidur/duduk. Salah posisi tidur/ bisa menyebabkan otot leher tegang & kaku. 
  • Cedera karena olahraga. Keaktifan si kecil juga harus diawasi apalagi jika melakukan olahraga yang bisa menyebabkan cedera pada leher atau otot leher yang tidak diduga-duga. 
  • Infeksi kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening bermanfaat untukk melawan infeksi yang masuk ke tubuh, tapi jika mengalami nyeri & bengkak tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa juga si kecil demam. 
  • Infeksi meningitis. Sakit leher dan demam tentu saja wajib di skrining lebih lanjut. Apalagi jika tidak bisa menggerakkan lehernya disertai dengan demam, segera konsultasikan kondisi si kecil ke dokter spesialis anak.

Semoga jawaban di atas bisa membantu, ya! Salam sehat.

Informasi dan pendaftaran pasien ke layanan pediatri (anak), hubungi hotline 150770.

dr. Marlyn Cecilia Malonda Sp.A
Mayapada Hospital Tangerang

Dr. Pada