4 Poin Penting Berolahraga di Masa Pandemi dari Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

...

Di masa pandemi, meningkatkan imunitas tubuh dalah suatu keharusan. Satu dari sekian cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan berolahraga rutin setiap hari.

Berikut ada beberapa poin penting buat kamu yang ingin berolahraga di masa pandemi dari dr. Elsye, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Kuningan (MHKN).

Protokol kesehatan

Saat ini disarankan olahraga di rumah saja. Jika ingin berolahraga di luar rumah, maka pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan protokol kesehatan harus dijalankan. Seperti wajib menggunakan masker, jaga kebersihan dan jaga jarak dengan orang lain.

Menurut rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), pilih zona hijau untuk tempat berolahraga di luar rumah, jaga jarak bagi pejalan kaki atau pelari minimal 2 meter.

Sementara orang yang menggunakan sepeda minimal jarak 20 meter dengan pengendara sepeda lainnya, dan wajib menggunakan masker.

Pemilihan jenis olahraga

Pilih jenis latihan fisik atau olahraga yang melatih kebugaran jantung dan paru-paru, seperti berjalan, jogging, senam, sepeda dll. Selain itu perlu juga melatih kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh.

Intensitas saat olahraga

Intensitas yang dianjurkan untuk meningkatkan imunitas adalah intensitas sedang. Kita dapat mengetahui batasan intensitas latihan sedang atau olahraga dengan cara tes bicara, yaitu masih dapat bicara namun sulit bernyanyi.

Jika sudah sulit berbicara, maka sudah termasuk intensitas tinggi. Saat berolahraga menggunakan masker, jika dirasakan sulit bernafas maka segera turunkan intensitasnya dan masker tetap digunakan.

Lama waktu berolahraga

Waktu yang disarankan berolahraga untuk meningkatkan imunitas yaitu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Sebaiknya sebelum memulai latihan fisik atau olahraga yang aman dan sesuai kondisi tubuh, konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga. (Foto di atas hanya ilustrasi)

Konsultan:
dr. Elsye, Sp.KO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktiknya di sini
 

tags :

Kedokteran Olahraga