Apakah Kelainan Bentuk Kaki Bunion Bisa Disembuhkan?

...

Bunion | Bunion kaki | Cara menghilangkan bunion

Apa itu kelainan bentuk kaki bunion?

Bunion merupakan kondisi terbentuknya tonjolan tulang pada sendi di pangkal ibu jari (jempol) kaki. Tonjolan dapat terjadi akibat tertariknya jempol kaki ke arah samping sehingga menyebabkan pangkal jempol kaki menonjol keluar.

Terdapat beberapa faktor risiko terjadinya bunion pada seseorang yang meliputi:

  • Kelainan bawaan pada struktur atau bentuk kaki
  • Kondisi kaki yang datar (flatfoot)
  • Memiliki riwayat cedera kaki
  • Terjadi radang sendi (arthritis)
  • Penggunaan sepatu yang tidak sesuai

Gejala bunion

Selain tonjolan yang terlihat di bagian luar pangkal jempol kaki, penekanan jempol kaki ke arah jari telunjuk kaki juga terjadi pada kondisi bunion. Penekanan ini juga dapat menyebabkan posisi yang tumpang tindih antara jempol dan telunjuk kaki.

Gejala lain yang dapat dirasakan seseorang dengan kondisi bunion dapat meliputi pembengkakan, kemerahan, dan nyeri di sekitar sendi jempol kaki, serta keterbatasan gerak pada jempol kaki.

Pengobatan bunion

Keluhan dan rasa nyeri yang muncul karena bunion dapat ditangani dengan pengobatan yang bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan nyeri yang dirasakan.

Secara umum, jenis pengobatan untuk bunion dapat diatasi dengan dua cara, yaitu pengobatan tanpa operasi dan dengan operasi.

Sebelum dilakukan pengobatan, seseorang dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk mendapatkan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti rontgen untuk melihat bentuk tulang kaki.

Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Kaki dan Pergelangan Kaki, Dr. dr. Andri Primadhi, Sp.OT (K) menjelaskan bahwa pengobatan tanpa operasi dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan pada kaki dan mengurangi keluhan nyeri, misalnya dengan mengganti sepatu yang lebih nyaman pada kaki dan menggunakan spacer (bantalan) di antara jempol dan jari telunjuk kaki untuk menghambat perburukan gejala yang dirasakan.

Selain itu, untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan, kompres dingin menggunakan es dan mengonsumsi obat-obatan analgesik juga dapat dilakukan seseorang yang memiliki keluhan nyeri akibat bunion.

Dokter Spesialis Ortopedi yang memiliki jadwal praktik di layanan Orthopedic Center Mayapada Hospital Bandung ini menambahkan, “Apabila cara-cara pengobatan tanpa operasi belum berhasil untuk mengatasi keluhan, tindakan bedah dapat menjadi pertimbangan."

"Untuk kasus seperti bunion, pembedahan dapat dilakukan dengan mengikis sekitar jaringan tulang yang menonjol dan meradang serta memperbaiki bentuk jempol kaki agar bentuk pangkal jempol kaki lurus dan kembali normal seperti bentuk kaki pada umumnya."

"Pasca tindakan bedah, pasien pun dapat langsung kembali ke rumah dan beraktivitas meskipun perlu menggunakan bantuan sepatu khusus hingga kaki pasien sembuh sepenuhnya.”

Untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk kelainan bentuk kaki Bunion, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan Dr. dr. Andri Primadhi, Sp.OT (K) atau dokter spesialis ortopedi lainnya yang ada di Orthopedic Center Mayapada Hospital Bandung (MHBD).

Direview oleh:
Dr. dr. Andri Primadhi, Sp.OT (K)
Dokter Spesialis Ortopedi
Konsultan Kaki dan Pergelangan Kaki
Mayapada Hospital Bandung (MHBD)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Orthopaedic Center Spesialis Tulang Dan Sendi Bunion