Cara Mudah Memilih Produk Kecantikan agar Terhindar dari Gangguan Kulit

...

Punya wajah bersih dan cantik, tanpa ada gangguan kulit di wajah tentu menjadi idaman anak muda, khususnya kaum hawa. Maraknya serial drama Korea dengan penampilan aktris yang cantik, seolah menjadi kiblat mereka bagaimana punya wajah bersih bersinar.

Namun, tentunya ada perbedaan antara Korea dan Indonesia. Di negara kita yang beriklim tropis, ada risiko gangguan kulit yang mungkin terjadi. “Seperti flek pada wanita, aging, bahkan kanker kulit karena sering terkena paparan matahari,” ujar Dr. dr. Sukmawati Tansil Tan, Sp.KK, Spesialis Kulit dan Kelamin dari Mayapada Hospital Tangerang (MHTG).

Dokter Sukmawati menyarankan, untuk menghindari gangguan pada kulit, terutama wajah, sebaiknya memakai pelindung agar tidak terkena paparan matahari secara langsung. Bisa menggunakan topi saat cuaca panas, kosmetik tabir surya (sunscreen), atau pakaian tertutup.

Alergi terhadap kosmetik

Gangguan pada kulit beragam. Untuk anak muda, kata Dr. dr. Sukmawati Tansil Tan, berdasarkan keluhan yang diterima, gangguan pada kulit biasanya berasal dari alergi terhadap kosmetik.

Masalah itu terjadi karena mudahnya anak muda mendapatkan produk kecantikan, yang justru kalau tidak sesuai dengan jenis kulitnya akan berdampak pada gangguan kulit.

Kemudahan informasi tentang produk kecantikan karena maraknya peran media sosial, lalu tawaran promosi, dan peran aktris cantik luar negeri dalam memasarkan produk, juga ikut memengaruhi anak muda dalam memilih produk kecantikan.

“Jadi karena produknya gampang ditemui dan dibeli, mereka pakai produknya tanpa konsultasi dulu ke dokter, sehingga sering timbul efek samping,” kata Dr. dr. Sukmawati Tansil Tan.       

Tips memilih produk kecantikan

Semakin menjamurnya produk kecantikan yang ditujukan ke anak muda, bagaimana memilih produk kecantikan yang tepat, terutama untuk make up?

  • Ketahui jenis kulit
    Sebelum memilih produk kecantikan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit kamu. Kamu dapat menggunakan kertas minyak yang ditempel selama 10 menit pada area pipi dan T-zone. Jika kertas tidak basah, maka kulit kamu kering. Namun, bila kertas basah, maka jenis kulitmu berminyak.
     
  • Cek produk di BPOM
    Setelah mengetahui jenis kulit, pilihlah produk kecantikan yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Biasanya, produk yang sudah terdaftar di BPOM, aman digunakan masyarakat. Kamu bisa mengecek produk di situs cekbpom.pom.go.id
     
  • Konsultasi ke dokter kulit
    Apabila ketika menggunakan produk kecantikan yang sudah sesuai dengan jenis kulit dan terdaftar, namun kulit masih bermasalah, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

    “Kalau ada kelainan pada kulit, langsung konsultasi ke dokter kulit. Namun kalau tidak ada masalah kulit, kamu bisa langsung pakai produknya,” ujar Dr. dr. Sukmawati Tansil Tan.       

Buat janji dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur book an appointment di website. Cek di sini!

Konsultan:
Dr. dr. Sukmawati Tansil Tan, Sp. KK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
Mayapada Hospital Tangerang (MHTG)

Jadwal praktik, lihat di sini!

tags :

Spesialis Kulit Dan Kelamin Gangguan Kulit Penyakit Kulit