5 MAKANAN PENDUKUNG KECANTIKAN

06 November 2019  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Tidak hanya enak dikonsumsi, nutrisi dari makanan ini juga baik untuk mempertahankan kecantikan kulit.

Ada banyak cara yang terus dilakukan orang, terutama kaum wanita, untuk mempertahankan kondisi kulitnya. Hal ini lumrah adanya, karena siapa pun memang ingin tampak cantik lebih lama.

Ungkapan yang menyatakan bahwa "you are really what you eat" alias "kita terbentuk dari apa yang kita makan" bukanlah isapan jempol semata.

Menurut pakar nutrisi medis dr. Sarah Brewer yang juga penulis dari buku "Eat Well, Look Great" yang dimuat oleh laman DailyMail mendata bahwa ada sekitar 40 superfoods yang punya manfaat hebat untuk kecantikan kulit, rambut, juga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, di antaranya:

1. AVOKAD

Buah berdaging lembut ini kaya akan antikosidan, yaitu vitamin C, E, dan karotenoid, juga lemak tak jenuh yang membantu melembapkan kulit.

Minyak buah avokad juga diketahui mengandung fitosterol yang membantu efek regeneratif pada kulit yang mengalami penuaan.

Saat ini, buah avokad kembali naik daun di kalangan penyantap makanan sehat danpemerhati kecantikan, karena manfaatnya semakin banyak dirasakan oleh banyak orang. Tak hanya enak untuk salad atau sebagai topping sandwich, di Indonesia pun, kita sudah sangat familiar dengan hidangan pencuci mulut dari buah avokad.

 

Artikel Populer:
4 Langkah Mengasah Kemampuan Otak Agar Tidak Pikun
Anak Sering Melepeh Makanan, Begini Cara Mengatasinya!

 

2. BUAH CERI

Dari hasil penelitian ilmiah yang dilakukan para ilmuwan yang tergabung di Michigan State University, diketahui bahwa segelas jus buah ceri ternyata mampu membantu memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit, berkat tingginya antioksidan di dalamnya.

Dari penelitian itu pula diketahui bahwa ceri mampu membantu meredakan inflamasi, mengurangi kulit yang kemerahan akibat jerawat, eksim, psoriasis, rosacea, juga ruam kulit lainnya.

Bagi Anda yang memiliki vlek hitam pada wajah atau ingin membuat kulit tampak lebih cerah, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah ceri dalam bentuk segar maupun jus.

3. BAWANG PUTIH

Orang sudah banyak mengenal bahwa makan bawang putih baik untuk menjaga kondisi jantung dan mengontrol tekanan darah. Berkat manfaatnya memperlancar peredaran darah inilah, bawang putih juga baik untuk mempertahankan rona pada kulit, membantu menjaga kondisi rambut agar tetap tebal dan kuat, serta membantu memperkuat kuku.

Kandungan belerang di dalam bawang putih ternyata mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit, lho! Zat ini juga mampu meningkatkan pembentukan kolagen dan keratin.

4. WORTEL

Banyak yang sudah mengetahui bahwa vitamin A di dalam wortel baik untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga mengandung karotenoid, baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, juga silika yang dapat membantu memperkuat kondisi kulit, rambut, juga kuku.

Begitu kaya manfaat dari wortel ini, sehingga beberapa produk kecantikan juga memanfaatkan ekstrak wortel di dalam produk pembersih, pelembap, body butter, juga sampo dan kondisioner.

5. EDAMAME

Penggemar makanan Jepang tentu sudah familiar dengan kudapan ini. Kacang berwarna hijau ini kaya akan isoflavon yang memiliki manfaat hebat untuk kulit dan menjaganya dari kerutan akibat penuaan. Isoflavon juga dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit, sehingga kulit tempak lebih kencang dan halus.

Di China, banyak produk kecantikan yang memanfaatkan kacang ini sebagai bahan di dalam produk pembersih kulit maupun masker.

Jadi mulai sekarang, usahakan untuk lebih rutin menyantap makananmakanan super ini agar tubuh lebih sehat, kulit pun terjaga kecantikannya.

Sumber: Health Insight Vol. 8

Informasi seputar kesehatan juga bisa kamu dapatkan di Instagram @mayapadahospital

Tangerang
(021)5578-1888
Jakarta Selatan
(021)2921-7777
Bogor
(0251)830-7900