4 Langkah Mengasah Kemampuan Otak agar Tidak Pikun

...

Pernahkah kamu sadar, makin bertambah usia, makin pula kita mudah lupa? Memang, secara alami, otak kita akan mulai berkurang kemampuan daya ingatnya pada usia 20. Meski begitu, kita bisa mencegah hal itu agar tidak terjadi secara dini. Berikut langkah - langkahnya:

1. Sarapan Roti Tawar Gandum
Agar berfungsi optimal, otak butuh gula dari karbohidrat, kata profesor psikologi di Tufts University, AS, Robin Kanarek, PhD.

Saran: Sarapan dengan muffin gandum atau setangkup roti tawar dengan telur mata sapi dan segelas jus beri.

2. Berolahraga
Studi yang hasilnya ditulis di Neurobiology of Learning and Memory menemukan, kita akan belajar mengingat kosa kata 20 persen lebih cepat setelah melakukan olahraga dengan level menengah ketimbang yang low-impact.

Saran: Ikuti kelas kickboxing, thai boxing, atau body combat.

Artikel Pilihan
Anak Sering Melepeh Makanan, Begini Cara Mengatasinya!
Cara Memperlancar ASI

3. Berinternet saat Istirahat Makan Siang
Menurut studi dari University of California, Los Angeles, meluangkan waktu sejam untuk mencari sesuatu yang menarik hati di internet dapat menstimulasi bagian otak yang berkaitan dengan memori jangka pendek.

Saran: Carilah barang-barang yang ingin Anda beli atau mencari lokasi-lokasi menarik untuk liburan.

4. Gosok Gigi atau Flossing Sebelum Tidur
Gigi yang tidak bersih bisa memicu radang gusi dan mudah mengundang bakteri penyakit masuk ke dalam aliran darah. Jonathan B. Levine, DMD, profesor tamu di New York University dan penulis buku Smile! mengatakan, sekali mencemari aliran darah, bakteri tersebut dapat menyebabkan radang di seluruh tubuh, termasuk otak—yang akan menyebabkan terjadinya disfungsi kognitif.

Saran: Gosok gigi atau flossing setidaknya dua kali sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.

Segera ke rumah sakit dan konsultasi dengan dokter spesialis neurologi jika Anda mengalami gangguan kesehatan pada otak dan sistem saraf. Untuk book an appointment, cek di sini.

tags :

Spesialis Saraf Dan Otak Tahir Neuroscience Center Cara Mengasah Kemampuan Otak