Bebas Nyeri Tulang Belakang Tanpa Luka Besar dengan Tindakan BESS

...

Apa itu BESS?

BESS (Biportal Endoscopic Spine Surgery) adalah salah satu prosedur operasi minimal invasif untuk mengatasi keluhan atau masalah di saraf tulang belakang. 

Prosedur ini dilakukan dengan membuat 2 (dua) sayatan kecil berukuran + 0,5 centimeter dan menggunakan alat endoskopi untuk melihat kondisi struktur saraf dan tulang belakang secara jelas serta melakukan tindakan intervensi yang diperlukan.

Keuntungan prosedur BESS 

  • Sayatan kecil dan minimal sehingga risiko kerusakan jaringan dan risiko infeksi lebih kecil
  • Tingkat kesuksesan tinggi
  • Waktu operasi menjadi lebih efektif
  • Proses pemulihan pasien menjadi lebih cepat

Prosedur BESS dilakukan dengan tujuan dekompresi, yakni melepaskan penjepitan saraf dan akar saraf oleh struktur sekitar (bantalan tulang, jaringan pengikat, maupun tulang yang menonjol dan degeneratif).

Keluhan penjepitan saraf yang dirasa berupa:

  • Nyeri yang bersifat radicular, menjalar dari pinggang ke tungkai bawah tertentu, biasanya tidak membaik dengan pengobatan dan fisioterapi
     
  • Nyeri yang disertai gangguan sensoris (berupa kesemutan, baal, sensasi seperti kesetrum) dan atau disertai gangguan motorik (kelumpuhan tungkai bawah dan gangguan berkemih/BAB/fungsi seksual)

“Teknologi BESS sangat menguntungkan pasien karena tingkat keberhasilan tinggi, durasi perawatan singkat, dan pasien lebih cepat kembali beraktivitas pasca tindakan,” ujar dari dr. Muhammad Agus Aulia, Sp.BS (K) NF, Dokter Spesialis Bedah Saraf, Konsultan Neurofunctional dari Mayapada Hospital Bogor.

Konsultasi ke dokter spesialis kami dengan buat janji dokter di sini atau hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:

dr. Muhammad Agus Aulia, Sp.BS (K) NF
Dokter Spesialis Bedah Saraf 
Konsultan Neurofunctional
Mayapada Hospital Bogor (MHBG)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Tahir Neuroscience Center Spesialis Saraf Dan Otak Biportal Endoscopic Spine Surgery Bess