Hindari Cedera dan Optimalkan Manfaat Lari dengan Persiapan yang Matang

...

Olahraga lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang mudah dan murah untuk mulai dilakukan, khususnya bagi pemula. Tidak heran kalau lari menjadi jenis olahraga yang memiliki banyak peminat, termasuk di Indonesia, apalagi saat ini banyak orang ingin ikut tren gaya hidup yang sehat dengan berolahraga. Namun ternyata ada serangkaian persiapan yang perlu Anda ketahui lho agar olahraga lari bisa memberikan manfaat yang optimal.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Alvin Wiharja, Sp.KO, MMRS menjelaskan bahwa lari memang terlihat sederhana. Namun, olahraga lari juga memiliki risiko cedera, karena pada dasarnya olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup banyak menimbulkan kejadian cedera.

“Teknik lari yang kurang tepat, postur tubuh yang tidak optimal, pakaian dan sepatu olahraga yang tidak sesuai, dan adanya riwayat cedera, menjadi faktor pendorong terjadinya cedera saat lari," ujar dr. Alvin Wiharja, Sp.KO, MMRS dari Mayapada Hospital Bandung. "Oleh karena itu, butuh persiapan agar lari tetap aman, benar, dan terhindar dari risiko terjadinya cedera.” 

Sebelum lari atau jika Anda baru akan berolahraga kembali, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengecek riwayat kesehatan, riwayat cedera, dan memastikan kebugaran tubuh Anda. Dengan berkonsultasi, dokter akan memberikan dosis latihan fisik sesuai dengan kondisi tubuh dan Anda juga dapat bertanya mengenai teknik dan gerakan lari yang tepat.

Serangkaian persiapan fisik perlu dilakukan, seperti latihan kekuatan otot dan istirahat yang cukup sebelum berolahraga lari, terutama apabila akan berlari jarak jauh seperti marathon.

Dalam waktu 1-2 jam sebelum lari, Anda cukup menggonsumsi makanan berkarbohidrat untuk memberikan energi yang dibutuhkan selama lari seperti buah-buahan atau roti. Selain itu pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan cegah risiko cedera panas dengan cukup minum air putih sebelum, selama, dan setelah berlari.

Anda perlu menyadari kemampuan Anda dalam berlari, meskipun Anda sudah mengetahui dan mempelajari teknik-teknik lari yang benar. Lari bukan tentang memaksakan diri untuk menjadi yang tercepat, namun jadikan lari sebagai olahraga yang menyenangkan untuk mendorong gaya hidup sehat.

Kenyamanan juga menjadi bagian penting saat berlari. Pilihlah pakaian dan sepatu yang nyaman, namun untuk pemilihan sepatu sesuai dengan bentuk kaki agar mengurangi risiko cedera.

Persiapan yang matang akan memandu Anda untuk berlari dengan benar, aman, dan mampu memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan Anda. Persiapan-persiapan di atas sangat penting Anda lakukan.

Dengan persiapan yang tepat, lari akan bermanfaat optimal untuk membantu menjaga dan mencapai berat badan ideal, meningkatkan kekuatan otot dan tulang terutama otot kaki, meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, membantu mencegah dan mengurangi risiko penyakit-penyakit metabolisme seperti diabetes melitus dan gangguan kolesterol, serta meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, serta kecemasan.

Saat ini, acara kompetisi lari dan marathon banyak diselenggarakan dan mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan pelari. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan mengikutinya, Anda dapat melakukan serangkaian persiapan fisik yang matang, berkonsultasi dan segera memeriksa kesehatan Anda di jaringan Mayapada Hospital yang terdekat dengan kota Anda.

Info lebih lanjut atau konsultasi ke dokter spesialis kami, hubungi Call Center 150770.
 

Direview oleh:

dr. Alvin Wiharja, Sp.KO, MMRS
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Mayapada Hospital Bandung (MHBD)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Sports Injury Performance & Treatment Center Spesialis Kedokteran Olahraga Persiapan Lari