Keuntungan Melakukan Pemeriksaan VO2 Max

...

Saat melakukan aktivitas harian, kita memerlukan tubuh yang sehat dan bugar terutama di era pandemi. Menurut dr. Elsye, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Mayapada Hospital Kuningan (MHKN), tubuh dikatakan bugar bila:

  • Mampu melakukan tugas harian dengan semangat, waspada dan tanpa merasa kelelahan yang berarti.
  • Masih memiliki energi yang cukup untuk menikmati waktu luang serta menghadapi keadaan darurat yang tidak terduga.

Salah satu komponen kebugaran yang penting ketika berolahraga adalah ketahanan jantung paru. Hal ini dapat dinilai dengan pemeriksaan VO2 max. 

VO2 max adalah kemampuan tubuh dapat menghirup oksigen secara maksimal selama melakukan aktivitas fisik yang berat. Tes ini dapat dilakukan secara direct dan indirect, serta disesuaikan dengan karakteristik cabang olahraga yang dilakukan.

Keuntungan melakukan tes ini adalah dapat mengetahui seberapa besar kebugaran jantung dan paru seseorang. Bila hasil tes VO2 max tinggi, maka seseorang memiliki performa yang baik selama pertandingan dan tidak mudah lelah dalam waktu yang singkat. 

Bila hasil tes rendah, maka kebugaran jantung paru kurang dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kedokteran olahraga agar tubuh sehat dan bugar.

Mayapada Hospital Kuningan (MHKN) memiliki alat pemeriksaan VO2 max secara direct. Pemeriksaan VO2 max direct merupakan pemeriksaan kebugaran jantung paru yang lebih baik dibandingkan indirect karena memiliki akurasi yang lebih tinggi.

Informasi dan pendaftaran pasien, hubungi hotline 150770.

tags :

Spesialis Kedokteran Olahraga Sports Injury Performance & Treatment Center