Operasi Bariatrik atau Metabolik pada Diabetes Mellitus Tipe 1 dan Tipe 2

...

Operasi Bariatrik | Operasi Bariatrik atau Metabolik | Diabetes Mellitus 

 

Apa itu Diabetes Melitus?

Diabetes Melitus adalah penyakit metabolik yang membawa banyak masalah ekonomi dan sosial bagi pasien yang terdiagnosis. Jumlah orang dengan Diabetes Melitus Tipe 1 dan Diabetes Melitus Tipe 2 diperkirakan akan meningkat dari 415 juta pada tahun 2015 menjadi 642 juta pada tahun 2040 menurut Federasi Diabetes Internasional.

Insidensi obesitas telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir pada anak-anak dan orang dewasa.

Hal ini terkait dengan banyak komorbiditas, seperti hipertensi, dislipidemia, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa obesitas dan diabetes adalah wabah ‘kembar’.

Meskipun pengobatan dan manajemen yang baik telah tersedia untuk mengontrol diabetes, beberapa pasien masih mengalami kesulitan dalam mencapai kontrol gula darah yang memadai.

Namun, dengan perkembangan terapi modern, operasi bariatrik atau metabolik telah muncul sebagai pilihan terapi inovatif yang menjanjikan untuk mengobati diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2.

Operasi saluran pencernaan yang dilakukan untuk orang dengan komorbid obesitas disebut sebagai "operasi bariatrik" (baros=berat). Ini diterima sebagai pengobatan paling efektif untuk komorbid obesitas dan telah terbukti berhasil dalam mengobati.

Operasi bariatrik yang bertujuan untuk mengobati kondisi penyerta, seperti diabetes mellitus yang terkait dengan obesitas, secara umum disebut sebagai operasi metabolik.

Operasi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan operasi duodenal switch. Pada operasi ini, pilorus dijaga, dan dumping syndrome dan hipoglikemia reaktif lebih jarang terjadi. Duodenojejunostomi dilakukan 1-2 cm di bawah pilorus; dengan demikian, anastomosis akan lebih lebar.

Rata-rata total penurunan berat badan masing-masing adalah 28,9%, 28,6%, dan 63,6% pada 1, 3, dan 5 tahun. Remisi Diabetes Melitus Tipe 2 adalah 63,6% pada 1 tahun, 55,3% pada 3 tahun, dan 63,6% pada 5 tahun.

Operasi metabolik telah terbukti efektif pada pasien non-obesitas dengan diabetes serta pada pasien obesitas dengan diabetes dalam beberapa studi. 

Secara keseluruhan, operasi bariatrik/metabolik pada pasien obesitas dan non-obesitas dengan Diabetes Meltirus Tipe 2 telah terbukti efektif dalam meningkatkan kontrol glikemik.

Informasi lebih lanjut, hubungi Call Center 150770.

 

 

tags :

Diabetes Center Operasi Bariatrik Atau Metabolik Diabetes