Si Hebat Ikan Kembung dalam Meningkatkan Imunitas

...

Kamu tentu tidak asing dengan ikan kembung. Selain mudah ditemui di pasar, harga relatif terjangkau, siapa sangka ikan kembung ini kaya akan manfaat kesehatan.

Dalam 100 gram ikan kembung mengandung 20 gram protein yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempertahankan massa otot. Ikan kembung juga mengandung asam lemak omega-3 dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan ikan salmon yang berkhasiat sebagai anti peradangan dan baik untuk kesehatan jantung. 

Selain itu, di dalam 100 gram ikan kembung juga mengandung 130 gram kalsium yang setara dengan 1 gelas susu. Kandungan lain ikan kembung berupa vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium yang penting untuk kesehatan tubuh kita. 

Cara memasak ikan kembung sebaiknya dipepes, dipanggang dengan dibungkus daun, tim atau sop karena proses memasak dengan digoreng akan merusak kandungan zat gizi di dalamnya terutama omega 3. 

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk mengonsumsi ikan 2 kali per minggu sebagai bagian dari pola makan sehat. Oleh karena itu, jangan lupa makan ikan kembung ya!

Ditulis oleh:
dr. Mulianah Daya, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K
Dokter Spesialis Gizi Klinik
Mayapada Hospital Tangerang (MHTG)

Lihat jadwal praktiknya di sini

tags :

Spesialis Gizi Klinik