Tips Diet Tepat Penyandang Diabetes di Masa Pandemi

...

Menurut penelitian, penyandang diabetes yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko 2x lebih tinggi mengalami komplikasi dan kematian. Salah satu pilar dalam terapi diabetes adalah dari aspek nutrisi. Oleh karena itu, penting bagi penyandang diabetes untuk menjaga imunitas melalui pengaturan nutrisi yang tepat dengan memperhatikan 4J (jumlah, jenis, jadwal, dan jurus memasak).

Jumlah kalori untuk penyandang diabetes sekitar 25 - 30 kkal/kgBB, namun hal ini juga bersifat individual dan sebaiknya dikonsultasikan ke ahli gizi terkait. 

Jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah makanan yang dapat memperlambat penyerapan gula sehingga kadar gula di dalam tubuh menjadi lebih stabil, seperti karbohidrat kompleks, tinggi protein dan tinggi serat yang banyak terdapat pada golongan makanan jenis gandum, daging, kacang-kacangan, sayur dan buah. 

Selain itu, penderita diabetes juga harus membiasakan untuk memiliki jadwal makan yang tepat dengan membagi menjadi 3 kali makan besar dan 3 kali selingan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi lonjakan kadar gula darah yang meningkat atau menurun. 

Proses memasak makanan untuk penderita diabetes juga perlu diperhatikan tambahan bumbu seperti gula, sirup atau kecap yang sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 2,5 sendok makan per hari.

Ditulis oleh:

dr. Mulianah Daya, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K
Dokter Spesialis Gizi Klinik
Mayapada Hospital Tangerang (MHTG)

Lihat jadwal praktiknya di sini

tags :

Spesialis Gizi Klinik Internal Medicine Center Spesialis Penyakit Dalam