Yang Perlu Dilakukan Usai Sembuh dari Covid-19

...

Berikut ini daftar hal atau cara yang dapat dilakukan untuk membantu diri sendiri dalam perjalanan menuju pemulihan Covid-19:

Bersikap Santai
Beri waktu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas lama Anda, lakukan satu per satu  secara bertahap.

Ingat, Anda Tidak Kebal Terhadap Virus
Tetaplah memakai masker di tempat umum dan tetap jaga jarak sosial.

Perhatikan Tanda atau Gejala Infeksi  Corona
COVID-19 datang dengan daftar gejala yang panjang, yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan sesak napas.

Perhatikan tanda-tanda peringatan seperti sakit  kepala yang mengganggu atau bahkan sesak napas, karena ini bisa menjadi        indikasi bahwa tubuh kita belum pulih sepenuhnya dan jika gejala masih muncul, segera hubungi dokter.

Latihan Memori
Habiskan 1 hingga 2 jam setiap hari untuk teka-teki, permainan memori, dan aktivitas lainnya untuk meningkatkan otak Anda. Tidak perlu terburu-buru pula dalam mengerjakannya. karena cara ini dapat membantu menyegarkan ingatan secara bertahap

Menghemat Energi
Pemulihan dari penyakit COVID-19 tidak akan cepat waktunya. disarankan agar orang yang pernah terinfeksi corona menghemat energi sebanyak mungkin dan menunda tugas yang membutuhkan tenaga fisik.

Olahraga Teratur
Pada tahap pemulihan harus melakukan olahraga ringan: Latihan pernapasan seperti yoga dan meditasi dan olah raga berjalan, bersepeda, atau jalan cepat. Apabila tubuh sudah bisa menyesuaikan diri, olahraga pun bisa ditingkatkan secara bertahap. Meskipun sedang berada di rumah, berjalan kaki dapat meningkatkan kondisi secara keseluruhan.

Jaga Kesehatan Mental
Pakar kesehatan mental menyarankan bahwa dalam kasus kecil masalah kesehatan mental, seseorang dapat meningkatkan suasana hati   mereka dengan berbagai perilaku yang meningkatkan suasana hati seperti;

  • Berkomunikasi dengan keluarga dan orang yang dicintai secara teratur (telepon, video call, atau media sosial).
  • Berlatih meditasi.
  • Makan makanan yang sehat, melakukan olahraga dan tidur yang nyenyak.
  • Menghindari kafein dan alkohol.
  • Hindari paparan cahaya biru (ponsel / laptop) setidaknya selama 1 jam sebelum waktu tidur. (Foto hanya ilustrasi)


Mayapada Hospital mempunyai layanan Post Covid Recovery & Rehabilitation Center (PCRR Center). Ini adalah layanan kesehatan pertama di Indonesia bagi pasien yang telah sembuh dari Infeksi Covid-19.


Informasi dan pendaftaran pasien, hubungi hotline 150770

tags :

Covid-19