Cara Periksa Payudara Sendiri untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

...

Kanker payudara merupakan satu dari sedikit kanker yang dapat dideteksi di rumah melalui metode SADARI atau periksa payudara sendiri. Jika metode ini dilakukan secara teratur maka dapat membantu mendeteksi kanker payudara secara dini sebelum kanker menyebar. Berikut cara memeriksa payudara sendiri di rumah:

1. Saat mandi coba periksa payudara Anda dengan meraba seluruh areanya dari atas hingga ke bawah. Anda bisa menggunakan tiga jari utama yaitu telunjuk, tengah, dan jari manis. 

2. Rabalah payudara dengan gerakan melingkar mulai dari luar dekat ketiak hingga ke tengah puting. Gunakan tekanan ringan, sedang, dan kuat saat menekan area payudara. Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan tekstur pada payudara yang sebelumnya tak pernah ada

3. Cubit puting susu perlahan kemudian periksa apakah ada cairan yang keluar atau benjolan. Ulangi langkah yang sama untuk payudara satunya. Selain area payudara, jangan lupa untuk memeriksa area ketiak dan atas tulang selangka. Pasalnya, area ini juga sering kali ditumbuhi sel kanker.

Dengan rutin SADARI, Anda akan tahu persis seperti apa kondisi, tekstur, dan tampilan payudara sehat Anda. Anda juga dapat membedakan antara kondisi payudara saat haid dan tidak.

Oleh karena itu, penting untuk rutin SADARI satu bulan sekali demi mencegah penyebaran dan keparahan penyakit. Bila terdapat benjolan, untuk kepastiannya perlu dilanjutkan dengan cara SADANIS yakni Pemeriksaan Payudara Klinis. 

Konsultan:
dr. Bayu Brahma, Sp.B(K) Onk
Dokter Spesialis Bedah Onkologi
Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Lihat jadwal praktik di sini

Buat janji konsultasi dengan dokter spesialis bedah onkologi Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur book an appointment yang ada di website. Daftar di sini.

Artikel pernah tayang di majalah Health Insight Vol.14
 

Tonton video gejala dan tanda kanker payudara

 

tags :

Oncology Center Spesialis Kanker Kanker Payudara