Layanan Enhanced External Counterpulsation (EECP): Terapi Non-Invasif untuk Mengurangi Gejala Angina

...

Layanan Enhanced External Counterpulsation (EECP) merupakan sebuah terapi non-invasif dengan tujuan mengurangi gejala angina (nyeri dada), yang dinilai secara objektif dari keadaan iskemik miokard, dan peningkatan fungsi ventrikel kiri, sistolik dan diastolik.

Terapi ini sudah termasuk dalam rekomendasi panduan klinis dari European Society of Cardiology (ESC) dan Perhimpunan Kardiologi Indonesia (PERKI). 

Pelayanan ECP/EECP dapat diberikan dengan program rawat jalan non-farmakologis pada pasien yang sudah diketahui adanya penyumbatan atau penyempitan yang bermakna pada arteri koroner, dengan keluhan angina refrakter, sudah ada mendapat terapi iskemia dan angina yang optimal.

Yang menurut pendapat ahli jantung atau bedah kardiovaskular tidak atau belum dapat dilakukan intervensi baik perkutan ataupun bedah, karena:

  • Kondisi yang tidak dapat dioperasi atau berisiko tinggi mengalami komplikasi operasi atau kegagalan pasca operasi
  • Anatomi pembuluh darah koroner yang tidak mungkin dilakukan prosedur revaskularisasi
  • Adanya faktor komorbid lain yang menyebabkan risiko lebih berat

EECP juga merupakan program rehabilitasi pasien dengan aterosklerosis koroner difus dan angina persisten, atau silent ischemic yang signifikan yang sudah dilakukan revaskularisasi namun masih tetap mengalami angina. 

Mekanisme kerja EECP

Tiga pasang pneumatic cuffs menyerupai manset pada pengukuran tekanan darah dipasang pada betis, paha bawah, paha atas dan bokong, kemudian secara sekuensial manset akan mengembang dan mengempis sesuai dengan sinyal interpretasi EKG di komputer. 

Manfaat EECP

EECP memiliki efek yang dapat meningkatkan aliran diastolik dan berikutnya dapat meningkatkan shear stress. Shear stress dapat mengaktifkan pelepasan angiogenic growth factor dengan diharapkan dapat menghasilkan kolateral pembuluh darah yang baru. Para peneliti telah melakukan penilaian pada kadar vascular endothelial growth factor (VEGF) yang merupakan faktor angiogenik yang sangat poten selama dan sesudah EECP.  

EECP dapat meningkatkan aliran darah arteri koroner sebagai akibat peningkatan shear stress, dimana terjadi peningkatan pelepasan endothelial nitric oxide dan menghasilkan vasodilatasi.

EECP memberikan efek menguntungkan pada miokardium pada keadaan gagal jantung. Perkembangan pembuluh darah yang baru akan memberikan efek yang menguntungkan terhadap miokardium. 

Respon tubuh setelah terapi EECP:

  • Memperbaiki kerja jantung dengan meningkatkan blood flow dan curah jantung
  • Memperbaiki fungsi vaskular
  • Memberikan perlindungan kesehatan jangka panjang sehingga dapat memperbaiki kualitas hidup

Info lebih lanjut atau ingin konsultasi dengan dokter spesialis kami, hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:

dr. Olivia Handayani, BMedSc, Sp.JP (K), FIHA, FICA, FAPSC
Dokter Spesialis Kardiologi (Jantung dan Pembuluh Darah)
Pencegahan dan Rehabilitasi Kardiovaskular
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktek di sini

Enhanced External Counterpulsation (EECP)
Enhanced External Counterpulsation (EECP)
Enhanced External Counterpulsation (EECP)

tags :

Cardiovascular Center Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah Enhanced External Counterpulsation (Eecp)