Fokus Tangani Kasus Kanker di Indonesia, Mayapada Hospital Bersama BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Akses Layanan Radioterapi

...

Layanan Radioterapi di Jakarta dan Tangerang | Radioterapi Mayapada Hospital

Menurut studi, kematian akibat kanker menempati nomor urut 2 di dunia (data Globocan, 2020) dan sebagian besar dari kasus kanker membutuhkan radioterapi yang dilakukan oleh dokter spesialis onkologi radiasi. 

Radioterapi mempunyai manfaat dan peran penting dalam rangkaian terapi kanker, seperti pembedahan dan sistemik terapi, yang meliputi kemoterapi, terapi hormon, target terapi, dan imunoterapi. 

Menurut Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Yoke Soemiatno, Sp.Rad (K) Onk.Rad, “Radioterapi yang baik adalah yang dapat mengenai sel kanker sebanyak-banyaknya dengan dosis radiasi yang sangat minimal untuk sel-sel sehat di sekitarnya."

"Terapi ini dapat bermanfaat sebagai langkah kuratif untuk mencapai remisi atau kesembuhan, membantu proses terapi kanker lainnya seperti untuk mengecilkan tumor sebelum operasi atau untuk terapi lanjutan, serta sebagai langkah paliatif untuk membantu meringankan gejala," ujar dr. Yoke Soemiatno.

Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Mayapada Hospital Tangerang dr. Steven Octavianus, Sp.Onk.Rad juga mengungkapkan, radioterapi sangat dianjurkan untuk beberapa kanker stadium lanjut yang sulit dioperasi atau untuk lansia yang memiliki kontraindikasi dan kondisi terlalu lemah untuk operasi atau kemoterapi.


Layanan radioterapi melayani pasien BPJS Kesehatan

Kabar terbaru, saat ini layanan radioterapi dapat diakses di Mayapada Hospital oleh seluruh peserta jaminan kesehatan dari berbagai badan penyelenggara jaminan kesehatan, baik milik pemerintah seperti BPJS Kesehatan (JKN-KIS), asuransi, dan perusahaan dalam negeri hingga multinasional.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D mengatakan, “Kasus kanker merupakan penyakit katastropik yang dikenal dengan penyakit berbiaya mahal di mana radioterapi menjadi layanan yang sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu langkah kunci dalam penanganan kasus kanker.

Beliau menambahkan, "Selain itu tidak banyak fasilitas rumah sakit di Indonesia yang sudah memiliki pesawat radioterapi. Oleh karena itu kami bekerja sama dengan Mayapada Hospital untuk memudahkan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, terutama untuk pasien-pasien kanker yang berada di Indonesia dalam mendapatkan layanan radioterapi." 

"Bersama dengan Mayapada Hospital, kami ingin BPJS semakin dikenal dapat melayani masyarakat dengan lebih cepat, lebih mudah, dan mencakup layanan kesehatan yang semakin luas," ujarnya. 

"Kami juga yakin Mayapada Hospital memiliki semangat yang sama untuk memberikan akses layanan kesehatan yang setara.”

Jonathan Tahir, Group CEO Mayapada Healthcare Group mengatakan, sebagai bagian dari jaringan rumah sakit Mayapada Healthcare Group, Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan Tangerang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk membuka layanan radioterapi bagi seluruh pasien kanker peserta BPJS Kesehatan.

"Saya berharap sinergi ini dapat mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang setara dengan kualitas internasional, selaras dengan komitmen Mayapada Healthcare Group,” kata Jonathan Tahir.

Beliau juga menambahkan, Mayapada Hospital Tangerang merupakan rumah sakit pertama di wilayah Banten yang memiliki layanan radioterapi.


Keunggulan dan manfaat radioterapi

Salah satu pesawat radioterapi canggih dengan teknologi terkini saat ini yang dimiliki Mayapada Hospital bernama LINAC atau Linear Accelerator di mana pesawat radiasi ini memiliki radiasi yang relatif lebih aman dibandingkan pesawat radiasi lama, seperti Cobalt-60. 

“Teknologi dari radioterapi LINAC yang ada di Mayapada Hospital (Jakarta Selatan dan Tangerang) mendukung personalisasi terapi untuk setiap pasien," ujar dr. Kartika Erida Brohet, Sp.Onk.Rad (K)Dokter Spesialis Onkologi Radiasi dari Mayapada Hospital Tangerang.

"Sehingga radioterapi LINAC diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasien kanker secara lebih spesifik, menjadikan terapi lebih efektif, lebih aman dari proteksi radiasi, dan dapat menjadikan pengalaman berobat pasien menjadi lebih nyaman.” 

Radioterapi LINAC merupakan unit layanan yang terintegrasi dengan layanan unggulan Center of Excellence penanganan kanker terpadu Oncology Center Mayapada Hospital.

Layanan ini didukung oleh para tim ahli seperti fisikawan medis, radioterapis, perawat, dan dokter-dokter spesialis onkologi dan profesi terkait lainnya.

Kini kami telah berinovasi mengembangkan layanan penanganan kanker, dengan membentuk Tumor Board yang dapat memudahkan para pasien kanker untuk memulai dan meneruskan pengobatannya.

Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Ratnawati Soediro, Sp.Rad (K) mengatakan bahwa setidaknya terdapat empat keunggulan dari radioterapi LINAC di Mayapada Hospital, yaitu:

  1. Presisi dan akurat: Dengan teknik IMRT (Intensity Modulated Radiation Therapy), target penyinaran dapat ditentukan mengikuti bentuk tumor/kanker yang tidak beraturan, sehingga sel sehat lebih terlindungi.
     
  2. Cepat dan efisien: Dengan teknik VMAT (Volumetric Modulated Arc Therapy), gantry atau lengan LINAC dapat berputar sesuai arah target radiasi dengan otomatis, sehingga mempercepat durasi terapi dan lebih efisien. Biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit saja.
     
  3. Aman untuk organ bergerak/lokasi sulit: Teknik IGRT (Image Guided Radiation Therapy) dan DIBH (Deep Inspiration Breath Hold) sebetulnya bisa digunakan untuk semua tipe kanker, tapi bermanfaat untuk jenis kanker yang lokasinya terletak di dekat organ-organ penting atau sensitif. 

    Contohnya kanker payudara kiri di mana di belakangnya terdapat jantung, atau tumor otak yang tidak ideal untuk dioperasi, atau kanker yang ikut bergerak pada saat dilakukan terapi, contohnya kanker prostat, kanker liver, dan kanker paru.
     
  4. Alternatif untuk pembedahan: Teknik stereotactic dalam kasus dan kondisi tertentu dapat digunakan sebagai alternatif pembedahan, contohnya tumor otak yang sangat kecil dan terletak jauh di dalam sehingga sulit dijangkau. Dosis radiasi tinggi yang terfokus akan menghancurkan tumor tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan radioterapi, hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:

tags :

Oncology Center Spesialis Kanker Layanan Radioterapi