Jangan Sepelekan Gangguan Tiroid!

...

Kelainan pada kelenjar tiroid dapat mengakibatkan terganggunya fungsi organ tubuh lain bahkan kematian.

Gangguan kelenjar tiroid adalah kelainan yang terjadi pada kelenjar tiroid (gondok). Baik itu berupa benjolan tunggal atau lebih (kelainan anatomi), tumor jinak atau ganas, maupun kelebihan atau kekurangan hormon tiroid.

Kondisi ini antara lain dipicu oleh:

  • Kekurangan zat yodium
  • Autoimun, yakni sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat
  • Pertumbuhan sel tiroid yang berlebihan, menjadi tumor jinak/ganas
  • Infeksi pada kelenjar tiroid


Kenali Gejalanya

Gangguan kelenjar tiroid yang paling mudah diidentifikasi adalah kelainan anatomi yang ditimbulkannya, yakni munculnya satu atau beberapa benjolan pada leher. Ini berasal dari benjolan pada kelenjar tiroid, yang terletak di bagian depan leher.

Kemungkinan keberadaan tumor tiroid juga dapat diidentifikasi lewat munculnya benjolan. Namun bisa juga tidak menampakkan gejala, sehingga penting untuk mengunjungi dokter guna memperoleh saran medis.

Selain itu, kamu juga perlu memberi perhatian jika dalam keseharian tubuh memberi sinyal-sinyal terjadinya kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) maupun kekurangan hormon tiroid (hipotiroid), seperti berikut ini:

Gejala Hipertiroid

  • Gelisah, cepat lelah, cepat marah, dan sulit tidur
  • Tangan kaki terasa lemah dan tangan gemetar (tremor)
  • Amat mudah berkeringat saat suhu cenderung panas
  • Jantung berdebar amat cepat atau tidak teratur
  • Berat badan menurun meski makan normal atau lebih banyak
  • Sering buang air besar
  • Badan terasa panas meski udara dingin
  • Siklus menstruasi tidak teratur. Sementara pada pria terjadi disfungsi ereksi dan pembesaran dada.

Kondisi ini sifatnya sementara, dan akan kembali seperti semula setelah problem hipertiroid teratasi.

Gejala Hipotiroid

  • Lambat menagkap pesan atau informasi
  • Barat badan meningkat
  • Susah buang air besar (sembelit)
  • Bibir menebal
  • Wajah membengkak (sembab)


Bahaya Akibat Gangguan Kelenjar Tiroid

Jika kamu merasakan gejala seperti di atas, perlu waspada. Dampak maupun komplikasi gangguan kelenjar tiroid dapat menyerang berbagai organ tubuh.

1. Mengganggu Kerja Jantung

Jantung berdegup cepat dengan irama tak beraturan. Hal ini berpotensi meningkatkan tekanan darah (hipertensi), gagal jantung korgesif, yakni jantung tidak mampu mensirkulasi cukup darah bagi kebutuhan tubuh. Termasuk serangan jantung mendadak, yang sering berujung pada kematian.

2. Gangguan Penglihatan

Biasanya mata akan mengalami perubahan fisik, seperti menonjol keluar seakan sedang melotot, warnanya memerah, dan membengkak. Di samping itu, mata menjadi peka terhadap cahaya, penglihatan kabur dan ganda.

3. Tulang Rapuh

Kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) dapat menyebabkan kerapuhan tulang (osteoporosis), dan penderitanya sering kali terlihat mudah lelah.

4. Problem Kulit

Pada penderita hipertiroid sering kali telapak tangannya berkeringat sehingga kulit tampak memerah, bahkan bengkak. Kondisi tidak normal lainnya meski lembap dan basah karena keringat, telapak tangan terasa panas. Dalam jangka panjang dapat memicu lepas kuku dari jari (onycholysis).

5. Gangguan Sistem Reproduksi

Produksi sperma pada pria menurun. Bahkan dapat menyebabkan impotensi. Masalah kesuburan juga dapat menyerang wanita dengan kelainan kelenjar tiroid. Atau setidaknya dapat mengalami siklus menstruasi yang memanjang, lebih dari 35 hari per siklusnya (oligomenore).

6. Menyerang Syaraf

Biasanya penderita hipertiroid mengalami kecemasan yang sangat tinggi, depresi, emosi tidak stabil, dan menurun daya konsentrasi. Bahkan bisa menimbulkan gangguan mental, seperti enggan berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain (skizoid) dan ketakutan berlebih (paranoid).

7. Gangguan Pencernaan

Fungsi hati menjadi tidak normal dan dapat menyebabkan malnutrisi. Nafsu makan meningkat hingga tak terkendali, namun berat badan malah menurun.

 

Solusi Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelainan tiroid akibat kekurangan yodium, diperlukan tambahan asupan yodium dalam menu makanan sehari-hari. Bila dalam keluarga memiliki riwayat tumor ganas tiroid, ini harus lebih waspada dan segera memeriksakan ke dokter jika muncul gejalanya.

Kelenjar tiroid terlanjur bermasalah? Segera berobat ke dokter untuk didiagnosa lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain, termasuk cek darah maupun pemeriksaan radiologi seperti USG tiroid bila tampak benjolan di kelenjar tiroid.

Selanjutnya, dokter akan menerapkan pengobatan sesuai hasil diagnosa. Selain obat-obatan untuk diminum, juga zat yodium radioaktif, bahkan tindakan operasi, atau kombinasi ketiganya.

 

Konsultan:
Dr. Herry Nursetiyanto, SpPD – KEMD, FINASIM
Spesialis Internist - Diabetes, Metabolism & Endocrinologist
Mayapada Hospital Jakarta Selatan

tags :

Spesialis Penyakit Dalam Tiroid