7 CARA ALAMI MENGHILANGKAN SAKIT KEPALA

22 November 2019  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Jangan biarkan sakit kepala menghambat aktivitas kamu. Atasi segera dengan beberapa tips mudah berikut ini!

Sakit kepala memang sangat mengganggu aktivitas. Selain merasa sakit/nyeri yang luar biasa pada bagian kepala, kamu juga menjadi tidak fokus dan serba sensitif.

Sakit kepala yang paling sering diderita adalah sakit kepala akibat tegang dan migrain, yaitu sakit kepala sebelah (kiri/kanan). Penyebab umumnya karena ketegangan otot akibat kelelahan, stres, dan depresi.

Ada juga pusing, salah satunya ‘vertigo’, yang membuat penderita merasa sekeliling berputar-putar dan keseimbangan tubuh terganggu.

Sebelum meminum obat sakit kepala, kamu juga bisa, kok, mengatasi nyeri di kepala dengan hal-hal alami berikut ini:

1. Tidur

Bisa jadi sakit kepala yang kamu rasakan merupakan sinyal otak karena kurang beristirahat. Cobalah beristirahat sejenak agar rasa lelah dan tegang bisa diredam. Biarkan otot-otot yang tegang menjadi lebih relaks.

2. Minum Air Putih

Dehidrasi juga bisa memicu datangnya sakit kepala. Minumlah air putih biasa atau hangat, bukan air dingin karena akan membuat kepala makin sakit.

3. Kompres

Kompres dengan handuk hangat pada bagian kening dan belakang leher untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku.

Lalu bergantian kompres dengan handuk dingin untuk mengecilkan pembuluh darah, sehingga tekanan pada saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala akan berkurang.

4. Relaksasi

Lakukan latihan pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam, tahan sebentar, lalu buang perlahan. Lakukan berulang kali sampai kamu merasa lega.

5. Meditasi

Lakukan di tempat yang sepi, nyalakan aromaterapi. Pejamkan mata, atur napas kamu. Bayangkan kamu sedang berada di tempat favorit, di mana kamu merasa nyaman, senang, bahagia, dan relaks. Jika dilakukan dengan benar, sakit kepala kamu akan berangsur-angsur menghilang.

6. Hindari Faktor Pencetus Migrain

Sakit kepala bisa dipicu oleh kebiasaan terlambat makan, stres, bau menyengat, paparan sinar matahari berlebihan, perubahan suhu yang mendadak, atau faktor hormonal. Menjauhi hal-hal tersebut bisa menghilangkan sakit kepala kamu.

7. Pijat akupresur

  • Dengan menggunakan ujung-ujung jari tangan, tekan dan tahan titik/area yang terletak di bawah tulang pipi di kedua sisi wajah. Tahan titik ini dengan tekanan yang mengarah ke atas selama dua menit.
  • Pegang kepala dengan kedua tangan. Letakkan kedua ibu jari di bawah untuk menekan dan menahan titik yang terletak di sisi belakang kepala, di bawah tulang tengkorak. Tekan dan tahan titik ini selama dua menit tiap sisi.

 Jika sakit kepala Anda sudah sangat mengganggu dan tidak bisa diredakan dengan cara-cara alami, mungkin kamu memang harus mengonsumsi obat.

 

Solusi Pamungkas: Obat Nyeri

Penghilang nyeri ibuprofen, paracetamol, dan aspirin adalah beberapa jenis obat yang aman dikonsumsi untuk mengatasi nyeri sakit kepala. Dengan catatan, kamu tidak alergi obat tersebut. Untuk mendapatkan penanganan yang benar, sebaiknya konsultasikan ke dokter karena obat biasanya diresepkan berdasarkan gejalanya.

Sumber: Health Insight

--
Saat ini kami sedang mengadakan kuis berhadiah saldo Go Pay total 2 juta rupiah. Follow Instagram @mayapadahospital

#Kesehatan    
Tangerang
(021)5578-1888
Jakarta Selatan
(021)2921-7777
Bogor
(0251)830-7900