Kapan Waktu yang Tepat untuk CT Scan Jantung?

...

CT Scan Jantung | CT Calcium Score | Penyakit Jantung Koroner

CT scan jantung merupakan pemeriksaan tanpa bedah yang dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit jantung. CT scan jantung menggunakan metode pencitraan untuk mendapatkan gambaran arteri koroner yang memasok darah ke jantung dengan jelas. 

Pemeriksaan ini membantu dokter dalam melakukan diagnosis seperti melihat penyempitan dan mengidentifikasi tipe plak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

CT scan jantung juga digunakan sebagai prosedur diagnostik sebelum tindakan jantung lainnya, seperti ablasi pada gangguan irama jantung, sebelum pemasangan katup jantung non bedah, mendeteksi kelainan jantung bawaan, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Kapan seseorang perlu pemeriksaan CT scan jantung?

  • Ketika mengalami keluhan seperti nyeri dada sebelah kiri tembus punggung atau menjalar, yang ini mengarah ke penyakit jantung koroner. 

  • Punya keluhan lain penyakit jantung koroner yang tidak khas seperti sesak napas, mual dan muntah, pusing, keringat dingin, atau nyeri ulu hati.

  • Punya riwayat keluarga yang pernah mengalami serangan jantung.

  • Punya faktor risiko seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol, diabetes, obesitas, kurang aktivitas fisik/olahraga, merokok dan stres.

  • Sebagai prosedur diagnostik sebelum tindakan jantung lainnya seperti ablasi pada gangguan irama jantung, sebelum pemasangan katup jantung non bedah, dan mendeteksi kelainan jantung bawaan.


Salah satu jenis pemeriksaan CT scan sebagai alat skrining penyakit jantung koroner adalah CT Calcium Score Jantung tanpa pemberian kontras. 

Pemeriksaan CT Calcium Score Jantung ini bermanfaat mengukur jumlah plak keras pada arteri koroner yang hasil pengukurannya dinyatakan dalam skor. Semakin tinggi kadar plak keras yang terdeteksi, maka semakin tinggi skor kalsium jantung berkaitan dengan risiko kejadian kardiovaskular.

Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Konsultan Pencitraan Jantung Mayapada Hospital Surabaya, dr. Saskia Handari, Sp.JP (K) mengungkapkan, “Melalui CT Calcium Score, jumlah plak keras dalam arteri koroner dapat diidentifikasi, dan risiko penyakit jantung dapat diprediksi, sehingga dokter dapat mengambil keputusan pengobatan bagi pasien penyakit jantung dengan lebih tepat dan sedini mungkin.”

Skrining jantung dengan CT Calcium Score dapat dilakukan di Cardiovascular Center Mayapada Hospital. Pemeriksaan lain untuk kesehatan jantung secara komprehensif juga tersedia di layanan unggulan ini, seperti CT scan jantung, echocardiography, treadmill stress test, dan holter monitoring,

Cardiovascular Center Mayapada Hospital adalah pusat layanan kesehatan terpadu khusus untuk menangani penyakit jantung, mulai dari deteksi, tindakan, hingga rehabilitasi. Layanan unggulan (Center of Excellence) di Mayapada Hospital ini terdapat di enam unit, salah satunya di Surabaya.

Selagi ada PROMO, cek kesehatan jantung Anda dengan CT Calcium Score sekarang! Klik penawaran paketnya di sini atau bisa hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:

dr. Saskia Handari, Sp.JP (K), FESC, FAsCC, FASE, FIHA
Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
Konsultan Pencitraan Jantung
Mayapada Hospital Surabaya (MHSB)

Lihat jadwal praktek di sini

tags :

Cardiovascular Center Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah