Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini

...

Penting sekali untuk mengenali sedari gejala awal untuk mewaspadai adanya kanker yang muncul pada leher rahim wanita didalam tubuh kita. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Dan berikut ini adalah gejala Kanker Serviks yang paling mudah dikenali & harus diwaspadai setiap wanita:

  1. Cairan yang keluar tanpa berhenti dari vagina dengan bau yang aneh atau berbeda dari biasanya, berwarna merah muda, pucat, cokelat, atau mengandung darah.
  2. Rasa sakit tiap kali melakukan hubungan seksual.
  3. Perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya, misalnya menstruasi yang lebih dari 7 hari selama 3 bulan atau lebih, atau pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak.
  4. Kesulitan buang air kecil karena penyumbatan ginjal atau ureter.
  5. Perubahan pada kebiasaan buang air besar dan kecil.
  6. Kehilangan selera makan dan penurunan berat badan.
  7. Pembengkakan pada salah satu kaki dan yyeri pada tulang.
  8. Rasa sakit pada perut bagian bawah serta panggul.
  9. Rasa nyeri pada punggung atau pinggang, ini disebabkan karena terjadi pembengkakan di ginjal. Kondisi ini disebut sebagai hidronefrosis.

Sering kali, gejala kanker serviks tidak terlihat dengan jelas dan kemunculan gejala terjadi saat kanker sudah memasuki stadium akhir. Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan secara rutin sangat penting untuk mendeteksi sel-sel kanker sejak dini ya Maya Friends.

tags :