Pasien Covid-19 Berusia 76 Tahun Mengalami Patah Tulang Panggul dan Harus Dioperasi

...

Mayapada Hospital Surabaya (MHSB) kedatangan pasien wanita berusia 76 tahun dalam kondisi patah tulang panggul, belum lama ini, di pertengahan Februari 2022.

Keluarga pasien sebelumnya mendatangi sebuah rumah sakit di Surabaya. Namun dikarenakan pasien dalam kondisi positif Covid-19 dan harus menjalani tindakan operasi, akhirnya dirujuk ke Mayapada Hospital Surabaya.

Rekomendasi American College of Surgeons (ACS), tindakan operasi pasien Covid-19 ditangani di kamar operasi bertekanan negatif. Dan kamar operasi ini tersedia di Mayapada Hospital Surabaya.

"Melihat kondisi pasien dan ia merasakan nyeri, kami melakukan tindakan ORIF (Open Reduction Internal Fixation),” kata dr. Reyner Valiant Tumbelaka, M.Ked.Klin., Sp.OT, Dokter Spesialis Ortopaedi dan Traumatologi dari Mayapada Hospital Surabaya (MHSB).

“Operasi ini untuk memperbaiki tulang yang patah dan menstabilkannya dengan bantuan alat seperti plat, sekrup, atau pin sehingga tulang dapat kembali ke posisi semula," katanya menambahkan.

Patah tulang panggul merupakan cedera yang dapat mengancam nyawa pasien bila tidak segera ditangani, terlebih pasien termasuk lansia dengan adanya pengurangan kepadatan tulang.

Apa itu Kamar Operasi Bertekanan Negatif?

Kamar operasi bertekanan negatif dibuat untuk mencegah adanya kontaminasi pada area luar kamar operasi. 

Pada ruangan ini, tekanan diatur lebih rendah dibandingkan tekanan di luar ruangan, sehingga ketika pintunya terbuka, udara dari dalam ruangan tekanan negatif tidak dapat keluar menyebarkan infeksi. 

Sebaliknya, udara dari luar ruangan yang masih lebih bersih dapat masuk ke ruang tekanan negatif.  Udara yang sudah terkontaminasi di dalam ruangan bertekanan negatif akan disaring dan diproses terlebih dahulu melalui HEPA filter.

HEPA filter ini dapat menghilangkan 99.97% droplet nuklei, sebelum dikeluarkan ke udara bebas di luar rumah sakit.

Mayapada Hospital, baik di Surabaya dan unit lain, mempunyai Kamar Operasi Tekanan Negatif dengan alur terpisah antara pasien infeksius (termasuk infeksi Covid-19)  dengan non infeksius, sehingga aman bagi pasien membutuhkan tindakan operasi emergensi dan terencana.

Informasi Kamar Operasi Tekanan Negatif di Mayapada Hospital, hubungi hotline 150770.

Keterangan foto:
Tindakan operasi patah tulang panggul di Mayapada Hospital Surabaya yang dilakukan dr. Reyner Valiant Tumbelaka, M.Ked.Klin., Sp.OT dan dr. Defri Sp.An (Dokter Spesialis Anestesiologi) dibantu sejumlah tenaga perawat.

 

tags :

Orthopaedic Center Spesialis Ortopedi