Meningkatkan Akurasi Pemasangan Ring Jantung dengan IVUS

...

IVUS | Ultrasonografi Intravaskular | Alat kateter IVUS

Belum lama ini, tindakan pemasangan ring dengan alat Ultrasonografi Intravaskular atau Intravascular Ultrasound  (IVUS) telah sukses dilakukan pada pasien laki-laki berusia 71 tahun di Mayapada Hospital Bandung (MHBD), 28 Agustus 2023.

Pasien yang memiliki penyakit jantung koroner ini merupakan pasien dari  dr. Dendi Puji Wahyudi, SpJP (K) yang berpraktik di layanan kesehatan terpadu dan komprehensif untuk jantung, Cardiovascular Center Mayapada Hospital Bandung.

Apa itu IVUS?

IVUS sendiri adalah alat kateter khusus untuk melihat dengan lebih detail penumpukan plak (aterosklerosis) yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. IVUS merupakan tes tambahan atau pelengkap dari angiografi cathlab, yang mampu memberikan gambaran seluruh dinding arteri meliputi area dan ukuran pembuluh darah yang tersumbat.

IVUS dilengkapi dengan transduser yang mengeluarkan gelombang suara berfrekuensi tinggi sehingga mampu memberikan gambaran komposisi dari plak penyumbatan pada jantung dengan lebih presisi.

Dokter spesialis jantung dapat memanfaatkan IVUS dalam penegakan diagnosis serta penentuan terapi untuk menangani kasus-kasus jantung.

Gambaran yang dihasilkan oleh IVUS sangat bermanfaat dalam menentukan terapi atau tindakan pada penyakit jantung koroner yaitu penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak aterosklerosis.

Pada kasus tersebut, tindakan pemasangan ring atau stent perlu dilakukan agar pembuluh darah terbuka dan aliran darah kembali lancar.  "Prosedur IVUS membantu dokter dalam melihat karakteristik plak aterosklerosis pembuluh arteri koroner," kata dr. Dendi Puji Wahyudi, SpJP (K), Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Konsultan Kardiologi Intervensi Mayapada Hospital Bandung (MHBD).

IVUS juga dapat menuntun dokter untuk menentukan ukuran stent atau ring secara akurat dan memastikan ring sudah terpasang pada posisi yang tepat secara optimal.

Sebagai rumah sakit yang memberikan layanan kesehatan berstandar internasional, Cardiovascular Center Mayapada Hospital Bandung memiliki tim dokter spesialis intervensi jantung yang andal dan sudah berpengalaman dalam melakukan prosedur IVUS. 

Cardiovascular Center Mayapada Hospital Bandung juga memiliki tim dokter multispesialis dengan didukung fasilitas medis yang canggih untuk menangani berbagai kasus jantung lainnya. 

Informasi lebih lanjut mengenai IVUS, hubungi Call Center 150770.

Direview oleh:
dr. Dendi Puji Wahyudi, Sp.JP (K)
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
Konsultan Kardiologi Intervensi
Mayapada Hospital Bandung (MHBD)

Lihat jadwal praktek di sini

tags :

Cardiovascular Center Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah