Olahraga Sehat, Pagi atau Malam?

...

Banyak pihak bilang, olahraga paling tepat dilakukan pada pagi hari. Betulkah?

Kini makin banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga pada malam hari, terutama di kota-kota besar. Umumnya mereka adalah pekerja kantoran yang tidak sempat berolahraga pada pagi hari.

Padahal, banyak yang beranggapan bahwa olahraga malam tidaklah lebih sehat ketimbang olahraga pagi. Sebab, di pagi hari kita bisa mendapatkan paparan vitamin D dari sinar matahari. Ditambah, udara pun masih bersih dan segar tanpa polusi.

Jadi, mana yang lebih sehat, olahraga pagi atau malam? Mari kita bedah satu-satu.

Olahraga pagi hari
Ketika dilakukan dengan benar, olahraga di pagi hari memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Lara Carlson, Ph.D, profesor ilmu olahraga dari University of New England, menjelaskan, olahraga pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih banyak membakar kalori, menjaga kestabilan tekanan darah, dan membantu meraih tidur malam yang berkualitas. “Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan, olahraga pagi baik dilakukan,” kata Lara.

Olahraga malam hari
Olahraga pada malam hari ternyata mempunyai manfaat juga. Dan menurut Lara, manfaatnya adalah dapat meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membuat tubuh menjadi lebih relaks setelah seharian beraktivitas. Olahraga pada malam hari juga lebih efektif untuk pembentukan otot.

Inilah mengapa banyak orang berlatih ke gym pada malam hari. Tentu kuncinya adalah dilakukan sesuai kemampuan tubuh dan tidak berlebihan.

Sama-sama sehat
Kesimpulannya, olahraga yang dilakukan baik pada pagi maupun malam hari sama-sama memiliki manfaat sehat. Karena menurut American Heart Association, pada akhirnya melakukan olahraga yang sehat itu tergantung pada empat hal, yaitu lokasi, waktu, jenis olahraga, dan konsistensi. Jadi, semua tergantung diri Anda. Agar bisa menyehatkan, pilihlah waktu, lokasi, dan jenis olahraga yang memungkinkan Anda dapat melakukannya secara konsisten.

Artikel ini sudah tayang di majalah Health Insights Vol 9

tags :

Selangkah Lebih Sehat