Pekerja Kantoran, Waspada Gangguan Kesehatan Ini!

...

Ketika menjadi orang kantoran, sudah pasti kamu akan lebih banyak duduk. Apalagi jika kamu termasuk workaholic yang bekerja lebih dari 8-9 jam sehari, dan duduk berjam-jam di depan layar komputer. Bukan berarti tanpa risiko lho! Agar terhindar, coba simak berikut ini:

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Dalam istilah kedokteran, carpal tunnel syndrome(CTS) adalah rasa sakit dan kesemutan pada tangan akibat tekanan saraf di pergelangan tangan. Kondisi seperti ini biasanya akibat sering mengetik dengan posisi kurang tepat.

Untuk menghindarinya, perhatikan posisi pergelangan tangan kamu saat mengetik. Juga, duduklah dengan senyaman mungkin. Gejala CTS antara lain sulit menggenggam dan mengepalkan tangan, bahkan seringkali benda terjatuh.

Coba lakukan stretching ringan 5-10 menit setiap 2 jam agar ketegangan di pergelangan tangan kendur.

2. Migrain

Banyaknya pekerjaan serta tekanan kerja yang hebat, membuat orang sering menunda makan. Tubuh kamu pun mengalami penurunan kadar gula darah sehingga terasa sakit kepala sebelah. Kondisi ini, juga sering disebabkan oleh dehidrasi, akibat lupa minum karena dikejar deadline. Dan tubuh kekurangan cairan.

Dehidrasi membuat kerja organ tubuh dan sel-sel tubuh terhambat sehingga memicu sakit kepala sebelah. Cerdaslah mengelola waktu, jangan sampai menunda waktu makan. Minum cairan sekitar 2 liter dalam sehari.

3. Nyeri Pinggang

Terlalu lama dalam posisi duduk terlebih dengan postur tubuh yang salah atau kursi tidak nyaman, bisa menimbulkan rasa nyeri di bagian pinggang. Bahkan bisa menjalar ke tungkai kanan atau kiri. Untuk menghindarinya, mulailah duduk dengan posisi yang benar, yakni membagi beban berat tubuh agar tidak hanya bertumpu pada pinggang.

Juga lakukan berdiri secara berkala. Untuk pria, biasakan untuk tidak mengantongi dompet di saku belakang celana karena dapat menimbulkan tekanan pada saraf di bagian panggul.

4. Stres

Stres akibat cemas berkepanjangan sering tidak bisa dihindari oleh pekerja kantoran. Sebaiknya kamu luangkan waktu untuk bangkit dari tempat duduk dan berjalan-jalan sejenak sekitar ruang kerja untuk melemaskan otot-otot.

Selain itu, ketegangan dapat dikurangi dengan cara menarik napas panjang dan melakukan relaksasi. Latihan yoga secara rutin, juga akan membantu selain istirahat yang cukup untuk menciptakan tidur yang berkualitas.

tags :

Selangkah Lebih Sehat