Pasien Jantung dan Pembuluh Darah: “Saya Merasakan Jari Jempol Kiri Terasa Sakit dan Kebal.”

...

Awal bulan Juli, saya merasakan jari jempol kiri terasa sakit dan terasa kebal. Saya mengira rasa sakit itu karena kuku saya menancap terlalu dalam. Saya pun memotong kuku, namun rasa sakit tetap ada dan jempol saya berubah berwarna biru.

Setelah 3 hari, saya mencoba berobat ke klinik dekat rumah. Oleh dokter saya diberikan obat. Seminggu berlalu tidak ada perubahan, rasa sakit tetap saya rasakan.

Kemudian saya memutuskan untuk berobat ke Mayapada Hospital Tangerang (MHTG) dan berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Roy Christian, Sp.JP, FIHA, FAsCC.

Dari hasil diagnosis, saya mengalami gejala buerger disease. Penyakit buerger ini adalah peradangan dan penyumbatan pada pembuluh darah di sekitar tangan dan kaki yang menyebabkan rasa nyeri.

Oleh dr. Roy Christian, Sp.JP, FIHA, FAsCC, saya disarankan berhenti merokok dan diberi beberapa obat untuk seminggu. Bila dalam seminggu kondisi saya belum membaik, saya disarankan untuk menjalani USG Karotis. 

Bersyukur, setelah seminggu, jari kaki saya sudah normal dan sembuh total. Tidak ada keluhan yang saya rasakan lagi. Dari awal saya berobat di Mayapada Hospital Tangerang sampai selesai, semua pelayanannya baik. Terima kasih.

Benny. S
Pasien Jantung dan Pembuluh Darah (Cardiovascular Center)
Mayapada Hospital Tangerang (MHTG)

 

Informasi tambahan: Penyebab penyakit buerger belum diketahui secara pasti. Namun, ada dugaan bahwa salah satu faktor risiko penyakit ini adalah penggunaan tembakau, baik dalam bentuk rokok maupun produk tembakau lainnya.

 

tags :

Cardiovascular Center Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah Testimoni Pasien